Bacaan Niat Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya



Sholat dhuha - Assalamu'alaikum, Sobat dirumah sudah menunaikan sholat sunnah dhuha apa belum ? Kalau belum, kali ini setelah menjumpai artikel ini disarankan agar kita bersama melaksanakan sholat dhuha sesering mungkin dan kalau bisa laksanakan secara istighomah agar kita mendapatkan pahala dan keistimewaannya.

Kebanyakan dari kita pasti tahu bahwa keutamaan melaksanakan sholat dhuha salah satunya adalah untuk memperlancar dan mempermudah rezeki, untuk itu lebih rajin-rajinlah sholat dhuha dan yang pasti jangan lupa sholat wajib jangan sampai ketingalan agar rezeki dan jalan kita di dunia serta di akhirat dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wata'alah.

Bacaan Niat Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya
Sholat dhuha

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bagi kaum muslim. Jumlah rakaat dalam sholat dhuha itu minimal adalah 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Sebenarnya bacaan serta gerakan yang ada pada sholat Dhuha sama saja dengan sholat-sholat sunnah lainnya.

Namun yang membedakan adalah waktu pelaksanaannya, sholat dhuha dilaksanakan pada saat setelah matahari terbit ( 15 menit setelah matahari terbit ) dan meninggi hingga setinggi tombak.

Batas akhir waktu sholat dhuha itu adalah dekat dengan waktu sawal atau waktu Istiwa atau waktu rembang  ( ialah masa matahari berada tegak di atas kepala ) saat matahari akan tergelincir ke barat.

Niat Sholat Dhuha

Berikut dibawah ini doa niat sholat sunnah dhuha :


USHOLLII SUNNATAD DHUHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA AN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :

"Saya berniat melakukan shalat sunnah dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, karena Allah ta'ala".

Doa Setelah Sholat Dhuha

Ketika melaksanakan sholat dhuha maka jangan lupa juga untuk selalu membaca do'a setelah sholat dhuha. Berikut dibawah ini do'a setelah sholat dhuha yang sebaiknya kita hafal.


Artinya :

" Ya Allah Bahwasanya waktu dhuha itu adalah waktu Dhuhamu, keagungan itu ialah keagungan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu dan perlindungan itu, perlindungan-Mu". " Ya Alloh jikaa Rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi maka keluar kanlah, jika sukar maka mudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika masih jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaanmu, limpahkanlah kepada kami apa yang Engkau limpahkan kepada hamba-Mu yang soleh".
Tulisan ini memakai referensi dari situs rumayso dan belajar-fiqih. Demikian sedikit yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat membawa manfaat bagi semuanya. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Bacaan Niat Sholat Dhuha dan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih