Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Ms Office Word atau PowerPoint



Assalamu'alaikum, kali ini akan dibagikan mengenai cara membuat pangkat pada Microsoft Office Word atau PowerPoint dengan mudah dan cepat. Sebelum masuk pada materi inti, mari kita bahas dulu sedikit mengenai pangkat.

Pangkat adalah bilangan yang terletak di samping angka atau huruf yang mana bilangan itu terletak diatas atau bawah dan biasanya ditulis kecil.

Pangkat banyak dijumpai dan hampir dominan dengan kuadrat ( seperti 52 ) dan pangkat tiga atau kubik ( seperti 73 ).

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Ms Office Word atau PowerPoint
Contoh ilustrasi pangkat atas dan bawah

Bilangan atau huruf berpangkat itu akan lebih banyak dijumpai dalam kelompok pelajaran IPA khususnya Matematika, Kimia, dan Fisika.

Kalau kita biasanya sering menghadapi beberapa masalah dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan sejenisnya kemudian kita disuruh menulis bilangan berpangkat semisal unsur atom ( seperti H2O, OH2 ), berarti untuk itu kita sangat dianjurkan untuk mempelajari cara cepat menulis pangkat bawah atau atas supaya kita dapat menyelesaikannya dengan baik dan cepat.


Sudah penasaran bagimana cara menulis pangkat dengan mudah ? Berikut dibawah ini ulasannya.

# Cara Menulis Pangkat Untuk Yang Ada Diatas

Untuk membuat pangkat atas, kita harus menghafal rumus cepatnya. Rumusnya tidak sulit kok. Berikut rumus cepat menulis pangkat :

Tulis bilangan yang akan dibuat pangkat - Blok angka yang ingin dibuat pangkat - Tekan Ctrl + Tekan Shift + Tekan +/=

Contoh : 

22 , 34 , 45 , 56 , 67

Berikut gambar gerak cara membuatnya.

# Cara Menulis Pangkat Untuk Yang Ada Dibawah

Cara untuk menuliskan pangkat yang ada dibawah tidaklah jauh beda dari cara penulisan pangkat yang letaknya diatas. Berikut rumus cepat menulis pangkat dibawah :

Tulis bilangan yang akan dibuat pangkat - Blok angka yang ingin dibuat pangkat - Tekan Ctrl + Tekan Shift + Tekan P + Centang Subscript dan klik Ok

Contoh :

OH2 , H2O, Cu(OH)2 , NH2

Berikut gambar gerak cara membuatnya.
Baca juga : Rumus Penjumlahan dan Pengurangan di Microsoft Excel

Demikian sedikit yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini, semoga membawa manfaat dan guna bagi semuanya. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Ms Office Word atau PowerPoint"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih