Perbedaan Fakta dan Opini Yang Kadang Kita Lupa



Setelah lama kami tidak mengupdate blog Mishba7 ini, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu mengenai " Perbedaan Fakta (Real) dan Opini (Pendapat) ". Tanpa basa basi lagi mari simak pengertian keduanya dibawah ini.


Ilustrasi gambar bingung antara wakta dan opini

Pengertian Kalimat Fakta

Fakta merupakan sebuah hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi, akurat, bersifat objektif. Agar kita dapat lebih yakin dalam mengetahui apakah kalimat itu kalimat fakta atau bukan, mari pahami ciri-ciri kalimat fakta berikut ini :
  • Kalimat fakta biasanya bersifat objektif, akurat, dan sudah benar-benar diuji akan kebenarannya.
  • Ada sebuah bukti nyata yang bisa digunakan untuk membuktikan kebenarannya.

Contoh kalimat fakta :
  1. Pohon itu memiliki daun dan akar.
  2. Diko tadi pagi berangkat ke sekolah pukul 7.00 Wib.



Bila Anda tertarik, Anda juga bisa mempelajari tentang cerpen di pengertian cerpen beserta unsur intrinsik dan ekstrinsik lengkap

Pengertian Kalimat Opini 

Opini adalah sebuah hal atau peristiwa yang belum tentu atau belum jelas kebenarannya. Kebanyakan opini dikutip atau diambil berdasarkan pendapat pribadi seseorang ataupun cara pandang seseorang.

Ciri-ciri kalimat opini :
  • Kalimat opini itu bersifat subjektif dan kebenarannya belum terbukti.
  • Tidak memiliki bukti yang dapat menunjukkan sebuah kebenarannya.

Contoh kalimat opini :
  1. Menurut Sinta, seorang penyanyi itu pasti cantik.
  2. Toni berkata bahwa Soni ingin pergi ke pasar.

Kesimpulan

Kalimat fakta adalah kalimat yang jelas akan kebenarannya (sudah dibuktikan atau dapat dibuktikan), dan jika kalimat opini, adalah kalimat yang belum jelas kebenarannya dan bersifat pendapat.

Untuk lebih mudah dalam mengidentifikasi kalimat opini, selalu ingat bahwa opini itu pendapat dan dalam sebuah pendapat pasti mengandung kata " Menurut saya, sebaiknya, seharusnya, kira-kira, andai saja, saya kira, saya rasa, dan lain sebagianya yang bersifat pendapat".


Bila kalian menjumpai kesalahan dalam penulisan ulasan ini, tolong berikan komentar dibawah ini agar kesalahan dapat segera diperbaiki. Demikian sedikit yang dapat dipaparkan, semoga bermanfaat dan dapat berguna bagi semuanya. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Perbedaan Fakta dan Opini Yang Kadang Kita Lupa"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih