Beberapa Hal Yang Membatalkan Sholat



Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi mengenai beberapa hal yang dapat membatalkan sholat. Namun sebelum itu perlu kita ingat bahwa kita sebagai orang islam yang beriman dan bertakwa harus selalu melaksanakan sholat wajib 5 waktu.

Jika diantara kita ada yang belum mengetahui bagaimana niat sholat 5 waktu maka bersegeralah untuk belajar agar kita tidak termasuk orang yang rugi nantinya.

Sholat merupakan suatu hal yang harus selalu kita kerjakan dan tidak boleh ditinggalkan karena sholat itu termasuk rukun islam dan juga tiang dari agama. Oleh karena itu, agar agama kita kokoh dan iman menjadi kuat, kita diharuskan untuk selalu sholat.

Beberapa Hal Yang Membatalkan Sholat

Ilusrasi orang sedang melaksanakan sholat

Dalam sholat juga ada aturan yang harus kita ketahui agar sholat kita menjadi sah dan tidak batal. Untuk mengetahui apa saja yang dapat membatalkan sholat maka silahkan baca artikel di bawah ini agar kita semua bisa menghindari hal-hal yang dapat membuat sholat menjadi batal.

Perkara Yang Membatalkan Sholat

Beberapa hal yang dapat membatalkan sholat antara lain adalah :

# Berhadats

Merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan sholat kita menjadi batal karena berhadats adalah saat dimana kita dalam kondisi tidak suci. Hadats ada 2 macam yakni hadats besar dan hadats kecil. Salah satu contoh dari hadats besar adalah mengeluarkan air mani. Jika contoh dari hadat kecil salah satunya adalah mengeluarkan air kencing.

# Terkena sebuah najis yang tidak dimaafkan

Najis itu ada 2 yakni ada najis yang di maa'afkan dan ada najis yang tidak dimaafkan. Jika kita melaksanakan sholat namun badan atau pakaian kita ada yang terkena najis yang tidak dimaafkan maka sholat kita menjadi batal.

# Tertawa terbahak-bahak

Jika sedang melaksanakan ibadah sholat, kita tidak boleh tertawa terbahak-bahak karena jika kita sholat kok tertawa terbahak-bahak maka sholat kita menjadi batal.

# Berkata-kata dengan disengaja dan mengandung arti

Dalam sholat tidak boleh bagi kita mengucapkan kata-kata walaupun hanya satu kata yang dapat memberikan pengertian. Jika kita melakukannya maka sholat kita menjadi batal.

# Terbukanya aurat

Ketika kita sholat, kita tidak boleh menampakkan aurat meskipun hanya sedikit. Kita wajib menjaga aurat untuk selalu tertutup di saat sholat agar sholat kita menjadi sah.

 # Mengubah niat saat sholat

Saat melakukan sholat, kita tidak boleh merubah niat walaupun seperti niat ingin memutuskan sholat karena itu adalah salah satu yang dapat membatalkan sholat.

# Makan dan minum walau cuma sedikit

Jika sedang melaksanakan sholat kita tidak boleh makan dan minum karena jika kita makan atau minum maka sholat kita menjadi batal.

# Bergerak 3 kali secara berturut-turut (tidak terpisah)

Ketika sholat kita harus diam dan tenang agar kita bisa berkonsentrasi. Jika kita melakukan gerakan 3 kali secara berturut-turut (gerakan bukan gerakan sholat) maka sholat kita akan menjadi batal.

# Membelakangi arah kiblat

Jika kita melaksanakan sholat maka kita harus menghadap kiblat karena itu sudah ketetapan dalam islam, dan jika kita melaksanakan sholat dengan membelakangi kiblat maka sholat kita batal.

# Menambah rukun dalam sholat

Sholat kita haruslah sesuai ketetapan dan harus sesuai rukun sholat yang ada. Jika kita melaksanakan sholat dan kita menambah rukunnya sendiri seperti ruku' ditambah-tambah dan sejenisnya maka sholat kita batal.

# Mendahului imam 2 rukun

Ketika sholat bersama imam atau berjama'ah maka kita harus tidak mendahului imam apalagi sampai 2 rukun. Jika kita mendahului imam sampai 2 rukun maka sholat kita akan batal.

# Keluar dari islam ( murtad )

Sudah jelas bahwa ketika sholat kita harus beragama islam dan jika kita melaksanakan sholat namun kita keluar dari islam maka sholat kita menjadi batal.

Bila berminat, Anda juga bisa mempelajari tentang Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah, Mawaddah, Warahmah

Demikian sedikit yang bisa penulis sampaikan mengenai beberapa hal yang membatalkan sholat. Sumber informasi ini adalah dari buku tuntunan sholat. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Beberapa Hal Yang Membatalkan Sholat"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih