Rukun Islam Beserta Dalil dan Penjelasan Singkat Jelas



Rukun islam merupakan suatu hal yang harus diketahui serta diamalkan oleh setiap orang muslim. 

Sehingga sebagai seorang umat muslim yang baik, kita harus berusaha untuk mengamalkan/ melakukan dengan tujuan supaya iman dan takwa kita menjadi kuat.

Selain itu hal ini dilakukan agar senantiasa kita menjadi lebih dekat kepada Allah subhanahu wata'ala.

Berikut mengenai hadits dan penjelasan Rukun Islam dapat disimak dibawah ini.


Hadits Membahas Tentang Rukun Islam




Rukun Islam Ada 5 Perkara

Rukun islam dibagi menjadi 5 perkara. Perkara tersebut yaitu :

# Rukun Islam Yang Pertama Adalah Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat 

Syahadat merupakan kata yang harus diucapkan untuk masuk islam. Syahadat itu menjadi sebuah kalimat untuk menyatakan pernyataan dan keyakinan terhadap adanya Allah subhanahuwataallah yang Esa dan Nabi Muhammad SAW. adalah Rosulnya. 

Bunyi dari syahadat adalah :

اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ 

Artinya :

"Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah."

# Rukun Islam Yang Kedua Adalah Mendirikan Sholat

Sholat adalah sebuah kegiatan dalam islam yang sangat baik dan sangat mulia. Dalam islam terdapat sholat wajib dan sholat sunnah, Sholat merupakan sarana penghubung antara umat-Nya dengan Allah. Sholat juga menjadi sebuah gambaran seberapa besar iman, takwa dan ketaatan umat kepada Allah.

# Rukun Islam Yang Ketiga Adalah Zakat

Sebagai orang yang islam beriman dan bertaqwa, kita diwajibkan untuk mengeluarkan sedikit rezeki yang kita miliki untuk orang yang berhak dengan ukuran menurut ketentuan islam. Orang yang berhak menerima zakat ada beberapa golongan yang diantaranya adalah fakir miskin, hamba sahaya, gharim, mualaf dan lain sebagainya.

# Rukun Islam Yang Keempat Adalah Puasa Pada Bulan Suci Ramadhan

Melakukan ibadah puasa pada bulan suci ramadhan itu hukumnya adalah wajib. namun bagi yang tidak mampu dalam melaksanakan, maka wajib untuk mengganti sesuai ketetapan yang ditentukan pada islam. Puasa itu sendiri adalah menahan hawa nafsu, makan, minum dan sejenisnya sampai waktu terbenamnya matahari/ sampai masuk waktu sholat maghrib.

# Rukun Islam Yang Kelima Adalah Menunaikan Haji Kebaitullah.

Menunaikan ibadah Haji adalah suatu hal yang wajib dilakukan atau dikerjakan oleh umat beragama islam yang mampu untuk menjalankannya. Arti kata mampu ini adalah mampu dalam hal badan, uang atau harta, dan kesehatan.

Bila berminat, Anda juga bisa mempelajari tentang Tipe Orang Yang Datangnya Dirindukan Oleh Surga dan Neraka | Beserta Video Youtube.

Demikian yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai rukun islam beserta dalil. Semoga Bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Rukun Islam Beserta Dalil dan Penjelasan Singkat Jelas"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih