Rukun Iman Beserta Penjelasan Singkat Jelas



Rukun Iman merupakan tiang dari iman dan takwa seorang umat muslim yang harus dimiliki. Jadi kita sebagai umat islam cukup dianjurkan untuk mengetahui rukun iman tersebut.

Selain itu kita juga harus mengetahui dan mengamalkan Rukun Islam agar iman dan takwa kita menjadi semakin kuat.


Berikut mengenai Rukun Iman dapat dipelajari dan disimak dibawah ini.

Rukun Iman Yang Harus Diketahui itu Ada 6

Rukun iman dibagi menjadi 6 yang diantara lain adalah :


# Rukun Iman yang Pertama Adalah Iman Kepada Allah Ta'ala

Kita sebagai umat islam adalah wajib hukumnya untuk percaya dan mengimani akan adanya Allah, tiada yang menciptakan, menguasai, yang patut disembah selain Allah, tiada kekuatan selain kekuatan dari Allah. 

Serta wajib bagi kita untuk percaya dan mengimani semua nama-nama Allah (Asmaul Husna) yang telah ditetapkan untuk diri-Nya dan yang ditetapkan Nabi untuk-Nya. Dan juga suatu keharusan untuk kita agar tidak menghilangkan makna, memalingkan, mempertanyakan dan juga menyerupakan -Nya.

# Rukun Iman yang Kedua Adalah Iman Kepada Para Malaikat Allah

Dalam islam, mengimani dan mempercayai terhadap adanya malaikat-malaikat Allah yang telah ditugaskan dan diutus oleh Allah adalah suatu keharusan.

# Rukun Iman yang Ketiga Adalah Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Menjadi seorang yang percaya dan iman kepada kitab-kitab Allah yang telah diturunkan kepada utusannya adalah suatu hal yang harus dilakukan bagi seorang kaum umat beragama islam.

# Rukun Iman yang Keempat Adalah Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Mengimani dan mempercayai akan adanya Rasul Allah adalah suatu keharusan. Kita wajib mempercayai bahwa semua wahyu yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul adalah benar dan itu bersumber dari Allah.

# Rukun Iman yang Kelima Adalah Iman Kepada Hari Akhir

Mengimani dan mempercayai adanya hari akhir, adanya semua yang terjadi di alam barzah (antara dunia dan akhirat), adanya siksa dan kenikmatan kubur, adanya tanda hari kiamat, adanya hari kebangkitan hingga berakhirnya di surga atau di neraka itu merupakan suatu keharusan. 

# Rukun Iman yang Keenam Adalah Iman Kepada Qada dan Qadar

Iman dan percaya akan adanya semua kejadian baik dan buruk merupakan kehendak dan karena Allah itu adalah suatu keharusan. Karena semua keadaan baik, buruk, suka, duka, senang, gembira adalah ciptaan Allah Ta'ala.

Bila mungkin berminat, Anda juga bisa mempelajari tentang Rukun Islam Beserta Dalil dan Penjelasan Singkat Jelas.

Demikian sedikit 
yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Rukun Iman beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

1 Response to "Rukun Iman Beserta Penjelasan Singkat Jelas"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih