Doa Berbuka Puasa Ramadhan | Arab dan Artinya Lengkap



Berbuka puasa merupakan suatu rutinitas yang dilakukan ketika melaksanakan puasa. Bila melangsungkan puasa pasti ada sahur dan ada berbuka. Berbuka puasa sangat dianjurkan agar dilakukan sesegera mungkin supaya puasa dapat dengan cepat diakhiri pada hari itu dan kita dapat melaksanakan ibadah sholat maghrib dengan tenang.


Dari Sahal Ibn Sa’ad, Rasulullah s.a.w, bersabda yang artinya : " Manusia selamanya dalam kebaikan, selama ia menyegerakan berbuka puasa" (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari dan Muslim).

Membaca Do'a Berbuka Puasa

Membaca do'a berbuka puasa sebelum menyantap makanan atau minuman apapun merupakan hal yang dianjurkan oleh Rasulullah kepada umatnya. Hal ini diterapkan oleh Rasul, yang sampaikan dalam sebuah hadits berikut :

Dari Ibnu Umar " Ketika Rasulullah S.A.W, berbuka buasa, ia berdo’a : “ Wahai Tuhanku, karena-Mu aku berpuasa, dan atas rizki-Mu aku berbuka, maka sirnalah rasa dahaga dan urat-uratku sekarang menjadi basah, dan semoga pahala puasanya tetap, kalau Engkau menghendaki. (Hadits Shahih riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Doa Berbuka Puasa Ramadhan | Arab dan Artinya Lengkap
Berbuka puasa


Do'a Berbuka Puasa Yang Umum

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin".

Artinya :

"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih".

Do'a Berbuka Puasa Lainnya


ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

"Dzahabazh zhoma-u, wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru, Insyaa Allah"

Artinya :

“Telah tiada (hilang) dahaga, urat-urat sudah basah, dan sudah diraih pahala, Insyaa Allaah.”

Salah satu kesunahan dalam berbuka adalah berbuka dengan meminum air putih dan makan kurma lebih dahulu baru dilanjutkan makan makanan yang lain. Namun jika tiada kurma, Anda bisa meminum air putih saja dan baru makan makanan yang lain itu lebih baik.

Terdapat dalam Hadits

Dari Anas R.A “ Nabi S.A.W, apabila ia berbuka puasa dengan kurma gemading, sebelum Beliau shalat, apabila tidak ditemukannya, ia berbuka dengan kurma biasa, kalau tidak ditemukannya, Beliau berbuka dengan beberapa teguk dari air putih”. ( Hadits Shahih, riwayat Abu Daud dan al-Tirmidzi )

Bila Anda berminat, Anda juga bisa mempelajari tentang tipe orang yang dirindukan oleh Surga dan Neraka di Tipe Orang Yang Datangnya Dirindukan Oleh Surga dan Neraka | Beserta Video Youtube.

Demikian sekilas informasi yang dapat disampaikan mengenai doa berbuka puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

2 Responses to "Doa Berbuka Puasa Ramadhan | Arab dan Artinya Lengkap"

  1. Do'a lainnya yang penting di antaranya;
    ذَهَبَ الظَمَاُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وثَبَتَ الْأَجْرُ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya, dan sudah ditambahkan :-)

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih