Usaha Ternak Kelinci Sebagai Usaha Sampingan Untuk Pelajar SMP, SMA, SMK ataupun Umum



Ternak Kelinci - Kelinci adalah hewan yang suka dalam berkembang biak, selain itu kelinci termasuk jenis hewan yang dapat diternak sebagai hiasan dan juga diternak untuk diambil dagingnya.

Dari sini bisa dilihat bahwa kelinci memiliki peluang yang besar jika diternak dan dikembangkan, selain akan cepat dalam berkembang menjadi banyak, kelinci juga akan cepat dalam menghasilkan uang sampingan untuk seorang anak sekolahan yang ingin bisa mencari uang untuk tambahan uang jajan seperti anak SMP, SMA, atau SMK.

Kelinci juga termasuk hewan yang cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk dirawat, bagitupun dalam hal pakan, jika ingin meraup untung banyak dan tanpa mengeluarkan uang dalam pakan anda bisa mencari makanannya disekitar rumah atau persawahan sendiri.

Ternak Kelinci

Ingin tahu lebih lengkap mengenai cara berternak kelinci ? Berikut dibawah ini akan saya jelaskan lebih lengkap, untuk itu simak lebih lanjut agar bisa tahu keseluruhannya.

Langkah dan Cara Berternak Kelinci Untuk Pelajar atau Umum

Langkah -langkah dan cara dalam berternak kelinci antara lain yaitu :

# Siapkan Modal

Modal merupakan sebuah hal yang harus disiapkan utama jika akan berbisnis. Modal utama yang harus disiapkan untuk seorang yang akan memulai bisnis kelinci mulai dari kecil-kecilan kurang lebih bekisar 100 - 150 ribu rupiah ( hanya untuk membeli 2 ekor kelinci betina dan jantan ).

# Siapkan Kandang Untuk Tempat Kelinci

Ketika anda memiliki uang untuk membeli kandang, lebih baik beli kandang yang baik dan terbuat dari besi karena akan lebih aman dari serangan kucing. Jika anda memiliki uang lebih sedikit maka pilihlah kayu yang agak kuat dan ditambah belilah ramraman atau jeruji besi yang kotak-kotak kecil atau yang agak besar yang biasanya digunakan untuk sangkar ayam atau burung agar lebih aman. Namun jika modal anda pas pasan dan bisa hanya untuk membeli kelinci, maka cukup buatlah kandang sendiri dari kayu seadanya namun pilihlah kayu yang agak kuat (saya sarankan memakai bambu jika terpaksa). Pastikan nanti anda menaruh sangkar anda aman dari jangkauan kucing yang nakal.

# Cari Jenis Kelinci Yang Akan Diternak

Setelah mempersiapkan kandang, maka carilah info jenis kelinci apa yang akan anda ternak dan dimana anda bisa membelinya agar lebih mudah anda dalam memanagement uang pengeluarannya. 

Jenis kelinci itu ada bermacam-macam dan berbagai macam kelinci itu berbagai juga kegunaannya, ada untuk diternak diambil dagingnya dan ada yang digunakan untuk hiasan. Namun saya sarankan jika anda seorang pelajar, anda pilih saja kelinci jenis pedaging agar selain nanti kelinci anda bisa dijual kepada orang yang ingin menernak untuk dijadikan hiasan, anda bisa menjual pada seorang yang membutuhkan dagingnya untuk dikonsumsi seperti dijadikan sate kelinci dan lain sebagainya (syaratnya tetap jaga kondisi kandang supaya bersih agar kelinci tetap menarik dan bagus).

Jenis kelinci antara lain :
  • American Fuzzy Lop
  • Harlequin
  • Holland Lop
  • Jersey Wooly
  • Palomino
  • Rex
  • Britannia Petite
  • Himalayan
  • Belgian Hare
  • Californian
  • Netherland Dwarf
  • Mini Rex
  • English Angora
  • French Angora
  • Lilac
  • American Sable
  • Rhinelander
  • Satin
  • Satin Angora
  • Silver Marten
  • dll.
*data jenis kelinci kami ambil dari situs suara burung/ jenis dan cara merawat kelinci.

# Beli Kelinci

Saat pembelian kelinci usahakan anda bersama kawan, kerabat atau siapa saja asal membawa teman untuk dijadikan sebagai teman memilih agar anda bisa memilih kelinci yang benar-benar berkondisi sehat dan juga mempunyai turunan yang baik untuk kedepannya. Saat membeli tanya umurnya berapa, dan kapan bisa berproduksi anak, keturunannya bagaimana dan lain sebagainya. Utamakan pilih kelinci yang benar-benar sehat dan jangan sampai anda salah pilih saat pembelian, dan tinggalkan kata "terpaksa membeli karena tiada pilihan". Carilah kelinci di lain waktu ketika anda tidak menemukan pilihannya karena lebih baik bersabar dan besoknya senang dari pada cepat tapi besoknya sedih menyesal karena salah pilih.

Pemilihan jenis kelinci :
1. Cari dan pilihlah kelinci yang memiliki riwayat kesehatan yang cukup baik.
2. Termasuk jenis kelinci berketurunan memiliki anak banyak dalam sekali lahiran.
3. Bobot tubuh indukan kelinci normal (tidak gemuk tidak kurus/ sedang).
4. Mata terlihat cerah, tidak terlihat lesu, lemas dan mengantuk.
5. Bulu tampak cukup bersih, terutama di daerah sekitar kelaminnya.

# Beli Pakan Jika Punya Uang

Belilah pakan kosentrat/ pellet untuk kelinci anda di tempat toko hewan terdekat, jika anda memiliki uang lebih. Namun jika anda tidak memiliki uang lebih untuk membeli pakan kelinci anda, cara alternatif untuk memudahkan fikiran kita agar tidak bingung yakni adalah dengan mencarikan makanan sendiri disekitar rumah kita atau di perkebunan ataupun persawahan berjenis rerumputan, atau sisa makan kita pun kelinci juga mau kecuali ikan atau daging seperti buah-buahan dan lain sebagainya. 

Makanan yang sangat disukai oleh kelinci yakni adalah kangkung, dan wortel (anda bisa membelinya di toko). Cukup mudah bukan... ( Kalau kelinci saya lebih sering makan dedak atau bekatul yang biasanya dibuat makan ayam).

# Fase Perawatan Kelinci

Perawatan kelinci menurut saya cukup mudah, namun untuk mempermudah lagi anda bisa menyimak beberapa cara merawat kelinci dibawah ini.
  • Tempatkan kelinci pada tempat yang sejuk atau tempat yang segar namun tidak terkena angin secara langsung ( terdapat tebeng angin pada kandang seperti satu kain membentang menutupi satu bagian yang terdapat angin kencang) dan kandang tidak terletak pada tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin agar kelinci tetap sehat, produktif serta tidak rentan terjangkit penyakit.
  • Berikan pakan yang cukup dan bergizi agar gizi tercukupi dan jangan sampai kekurangan pakan karena ada jenis kelinci tertentu yang jika indukan sedang beranak dan dia lapar kekurangan makan maka anaknya yang jadi santapan untuk menu makannya. Jadi usahakan bentul agar anakan kelinci anda nanti aman.
  • Bersihkan kandang minimal seminggu 3x agar kelinci selalu dalam kondisi bersih dan sehat.
  • Selalu cek kesehatan kelinci anda disaat anda tidak sibuk.
  • Ketika mengangkat kelinci usahakan jangan mengangkat dengan memegang telinganya saja, karena itu bisa berakibat fatal terhadap kesehatan pendengaran kelinci. Cara mengangkat kelinci yang benar adalah dengan memegang telinga pelan-pelan dan jangan langsung mengangkatnya namun pegang dulu bagian tubuh yang bawah dengan salah satu tangan kemudian baru angkat.

# Fase Penjualan Kelinci

Kelinci sudah waktunya untuk dijual ketika kelinci sudah tidak menyusu lagi. Atau lebih tepatnya ketika kelinci sudah pantas untuk dijual yakni pada saat kelinci sudah makan sendiri serta sudah bisa hidup sendiri dan agak besar.

Video Singkat Kelinci

Video dibawah ini merupakan video asli dari ternak saya dan ini anakan dari kelinci saya yang masih berumur beberapa hari.


Untuk melihat video anakan kelinci saya yang lucu-lucu yang sudah berumur beberapa minggu silahkan kunjungi juga https://www.youtube.com/watch?v=Zz_-6KjuXsQ.

Usaha ternak kelinci merupakan usaha yang bisa dijalani dengan bersekolah, untuk mengetahui peluang usaha lainnya, Anda bisa melihat informasi peluang usaha pelajar di Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Kalangan Pelajar SMP, SMA, SMK.

Demikian sedikit yang dapat disampaikan, jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf, jika Anda menemukan kekurangan maka segera saja untuk memberikan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Usaha Ternak Kelinci Sebagai Usaha Sampingan Untuk Pelajar SMP, SMA, SMK ataupun Umum "

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih