Inilah Yang Merusak Pahala Puasa Ramadhan



Puasa Ramadhan merupakan puasa yang wajib dikerjakan bagi semua umat muslim atau umat beragama Islam. Bagi yang tidak mengerjakan, dia akan dikenai sanksi atau dosa ketika di akhirat nanti kecuali dia mengganti puasanya.

Namun ada beberapa alasan yang mengatakan dapat menjadikan seseorang diberi toleransi. Mereka yang diberikan toleransi adalah yang memiliki alasan pasti dan benar-benar memiliki sebab yang jelas yang membuatnya tidak sanggup puasa, seperti sakit keras dan lain sebagainya.

Sekalipun bagi yang mempunyai alasan tertentu diberi toleransi, mereka tetap harus mengganti sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Lantas apakah pembaca sekalian sudah tahu apa saja hal yang membuat pahala puasa seseorang bisa menjadi rusak atau puasa kita menjadi sebatas puasa menggugurkan kewajiban ? Berikut mari simak dibawah ini.

Hal yang perlu dihindari saat puasa

Hadits Tentang Perkara Perusak Pahala Puasa Ramadhan

Beberapa hal/ perkara yang membuat puasa seseorang rusak terdapat dalam sebuah hadits yang berbunyi :

خمس يفطرن الصائم الكذب والغيبة والنميمة واليمين الكاذبة والنظر بشهوة

"Khomsu yuftirnas shoo'imal kadzibu walghiibatu wannamiimatu walyamiinul kadzibah wannadru bisyahwat".

Artinya :

"Lima hal yang merusak pahala orang yang berpuasa : berdusta/bohong , ghibah, mengadu domba, bersumpah palsu dan melihat dengan syahwat".

Puasa merupakan suatu hal yang bertujuan untuk melatih seseorang menjadi sabar dan menjadi lebih baik, oleh karena itu selama berpuasa terdapat larangan berbuat jelek, seperti :

Berkata tidak jujur/ bohong/ berdusta. Maksudnya tidak boleh berbohong ialah sebagai umat Islam kita dituntut untuk selalu berkata jujur dalam kondisi atau keadaan apapun saat puasa.

Ghibah/menggunjing atau sering disebut dengan "Ngrasani". Sebagai seorang yang baik kita tidak boleh mengunjing tetangga atau siapapun.

Mengadu domba atau mengadu sesama umat supaya bertengkar. Dengan mengadu seseorang maka dengan itu pula tercipta sebuah masalah, oleh karena itu mengadu domba tidak diperbolehkan agar silahturahmi sesama menjadi baik dan selalu erat.

Bersumpah palsu ( sumpah janganlah dibuat mainan karena sumpah bukan mainan dan sumpah itu harus benar-benar serius. Bila kita bersumpah tidak benar maka nanti kita akan kena sanksi yang cukup berat di nanti hari, oleh karena itu jangan asal-asalan bersumpah saat puasa atau tisak puasa).

Melihat dengan syahwat. Saat tersebut adalah saat dimana seseorang melihat lawan jenisnya kemudian nafsu buruk atau gairah fikiran jeleknya menjadi naik. Dalam berpuasa atau tidak, hal ini tidak diperbolehkan karena menjaga pandangan adalah hal yang diperintahkan agar diri menjadi lebih baik dan berakhlak.

Pada saat bulan Ramadhan, 5 hal diatas menjadi sebuah yang tidak boleh dilakukan atau dikerjakan supaya amal puasa kita menjadi full dan tidak hanya berpuasa sekedar memenuhi kewajiban belaka. 

Walau tidak bulan ramadhan, usahakan jangan melakukan 5 hal tersebut karena hal itu benar-benar tidak baik dan tidak disukai oleh Allah.

Video Hadits Tentang Hal Yang Merusak Pahala Puasa Ramadhan


Hadits perusak pahala puasa

Bila mungkin berminat, Anda juga dapat mempelajari tentang Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab dan Latin.

Demikian sedikit yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menambah wawasan Islami Anda. Salam berbagi



Baca juga :

0 Response to "Inilah Yang Merusak Pahala Puasa Ramadhan"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih