Rumus Perkalian dan Pembagian Excel



Kemarin beberapa hari yang lalu telah diposting mengenai Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel, namun kali ini saya akan meneruskan postingan mengenai excel yang tepatnya tentang rumus perkalian dan pembagian.

Cara mengkalikan dan membagi pada Microsoft Excel sebenarnya hampir sama dengan cara-cara yang kemarin sudah kami bahas mengenai penjumlahan dan pembagian, hanya saja pada perkalian dan pembagian itu rumusnya berbeda.

Ingin lebih jelas dan lengkap mengenai cara dan rumus membagi dan mengkali di excel ? lihat selengkapnya dibawah ini.

Gambar ilustrasi cara Excel disertai gambar gerak sebagai penjelas

Rumus Perkalian Pembagian di Excel

Cara menjumlah perkalian dan pembagian di excel itu sebenarnya bisa dikatakan mudah jika tahu rumusnya, dan rumus-rumus tersebut yaitu :

1. Rumus Perkalian Excel

Rumus perkalian dalam microsoft excel itu ada 2 yang cukup simple dan mudah dihafal. Rumus tersebut yaitu :
  • =Product(data1 yang akan dikalikan ; data 2 yang akan dikalikan dengan data 1)
  • =data 1 yang akan dikalikan * data 2 yang akan dikalikan dengan data 1
Contoh penerapannya yaitu :

#Contoh rumus 1 :

Saya menaruh sebuah angka 30 pada cell a2, dan 50 pada cell b2. Kemudian data tersebut saya kalikan dengan menggunakan rumus =product(a2;b2) dan enter maka akan kelur hasilnya adalah 1500. 

#Contoh rumus 2 :

Saya mengisi kolom cell a2 dengan angka 30 dan 50 pada cell b2. Lalu saya kalikan data tersebut menggunakan rumus kedua yakni =a2*b2 dan enter maka hasilnya 1500.

Berikut gambar penjelas contoh 1 dan contoh 2.


Gambar penjelas penerapan rumus perkalian contoh 1 dan contoh 2 pada Excel

2. Rumus Pembagian Excel

Pada perkalian diatas ada 2 rumus dan bisa anda pilih mana yang anda suka untuk dipakai, namun pada pembagian di excel saya menemui cuma 1 rumus saja dan rumus itu cukup familiar dengan kita. Rumus tersebut yaitu :
  • =data1 yang akan dibagi / data 2 yang akan dibagi dengan data 1
Contoh penerapan :

Saya memakai angka 30 dan saya letakkan pada cell a2, pada cell b2 saya letakkan angka ke2nya yang bernilai 50. Kedua angka tersebut saya bagi dengan rumus =a2/b2 dan enter maka hasilnya 0,6.

Berikut dibawah ini gambar penjelasnya.


Gambar penjelas penerapan rumus pembagian pada Excel

Apakah hp anda termasuk hp android, dan apakah hp android anda loadingnya cepat. Jika hp memiliki hp android dan hp itu sedikit lemot maka lihat juga artikel mengenai Cara Agar Hp Android Tidak Lemot atau Lelet supaya anda bisa memaksimalkan kerja hp anda menjadi lebih cepat.

Demikian mengenai " Rumus Perkalian dan Pembagian Excel ", semoga anda mudah memahami, mudah mempraktekkan dan bermanfaat bagi semuanya. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Rumus Perkalian dan Pembagian Excel"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih