Cara Mudah Screenshot di Komputer atau Laptop



Screenshot atau screen capture pada laptop merupakan suatu aktifitas mengambil gambar di laptop atau komputer yang nanti gambar tersebut di distribusikan kedalam bentuk file image/gambar.

Jika anda seorang pekerja dan dalam pekerjaan anda sering dibutuhkan bukti gambar dari data di laptop atau komputer anda, maka aktifitas screenshot adalah suatu aktifitas yang bisa dibilang penting bagi anda.

Screenshot merupakan aktiftas yang bisa dibilang mengambil gambar untuk bukti karena dengan kita melakukan screenshot nanti kita bisa mendistribusikan serta mengedit gambar yang belum jadi kedalam gambar yang sudah jadi dan kita kasih kepada teman, sahabat atau lainnya yang mana mereka butuh bukti dari apa yang kita lakukan.

Gambar ilustrasi screenshot

Manfaat screenshot banyak bukan ?

Namun apakah kalian semua sudah mengetahui bagaimana cara screenshot dikomputer atau laptop kita ? Jika belum mengetahui maka mari simak serta baca sampai akhir ulasan dibawah ini karena ulasan ini membahas tentang cara screenshot dengan mudah kepada kalian.

Cara Screenshot atau Screen Capture di Laptop

Cara mengambil gambar di laptop atau komputer atau yang lebih sering sebut dengan screenshot kurang lebih yaitu :

1. Cara Mengambil Gambar Penuh / Screenshot Layar Secara Penuh

Mengambil gambar atau screenshot layar penuh di komputer itu bisa kita lakukan dengan mudah dan tanpa menggunakan aplikasi, karena didalam pc atau laptop kita sudah tersedia fasilitas bawaannya.

Berikut dibawah ini cara atau langkah screenshot dengan mudah 1 layar penuh.
  • Pertama anda harus memposisikan sebuah layar komputer anda berada pada tempat dimana anda ingin screenshot atau mengambil gambarnya. Misal saja anda akan memposisikan atau ingin mengambil gambar pada desktop, maka anda harus berada didesktop anda.
  • Kedua langsung anda tekan tombol prtsc sysrq (tepatnya disebelah kanan atas didekat back space). Setelah anda menekan tombol ini maka otomatis anda telah mengambil gambar pada halaman yang tadi anda ambil. Biasanya secara otomatis gambar tidak tersimpan pada memori komputer anda secara permanen.
  • Langkah selanjutnya anda buka program ms. word, paint, ataupun program lain yang sejenisnya seperti adobe photoshop dan lain sebagainya.
  • Kemudian tekan tombol Ctrl + V yang terletak pada keyboard anda untuk mempaste gambar yang belum tersimpan dimemori secara permanen tadi.
  • Ubahlah dimensi, dan anda juga bisa mengditnya sesuai keinginan kemudian simpan.

2. Cara Mengambil Gambar Sebagian / Screenshot di Bagian Tertentu

Untuk bisa mengambil gambar atau screenshot pada bagian tertentu di layar komputer, anda haruslah mendownload sebuah aplikasi terlebih dahulu untuk memudahkan screenshot.

Kita juga bisa mengambil gambar penuh atau screenshot satu layar penuh dengan cara diatas kemudian diedit dan kita potong lalu diambil pada bagian yang kita inginkan, namun untuk lebih mudahnya gunakan saja aplikasi. 

Sebelumnya disini kami membagi tutorial dengan memakai aplikasi Greenshot, karena kerja dari aplikasi itu cukup lumayan, hasilnya menarik dan gampang dilakukan.

Berikut dibawah ini cara atau langkah screenshot pada bagian tertentu menggunaka aplikasi tersebut. 
  • Pertama download aplikasinya di http://getgreenshot.org/downloads/
  • Install aplikasi (mudah dilakukan dan saja yakin teman-teman bisa jadi tidak kami bahas cara penginstalannya).
  • Jalankan aplikasi itu (Jika aplikasi greenshot sudah jalan maka dipojok kanan bawah pada notivikasi akan ada icon dari aplikasi itu yang berwarna hijau).
  • Mulai mengambil gambar pada bagian yang anda inginkan. Caranya dengan klik prtsc sysrq (tepatnya disebelah kanan atas didekat back space pada keyboard), otomatis selanjutnya akan muncil tanda panah besar pada layar.
  • Klik dan tahan sampai pada tempat yang anda inginkan untuk discreenshot.
  • Setelah itu akan muncul pilihan save as, copy to clipboard dan lain-lain, anda bisa memilih mana saja terserah anda, namun jika gambar sudah menarik dihati anda, langsung saja disave as, bila belum menarik di hati anda, klik saja copy to clipboard dan paste di adobe photoshop, paint, atau aplikasi edit foto lainnya untuk mengedit gambar tersebut.

Inilah gambar gerak sebagai contoh cara penggunaan aplikasi tersebut.

Gambar untuk memperjelas mengenai cara screenshot

Jika anda memakai facebook setiap hari dan anda merasa bosan dengan tampilannya, maka anda lihat juga artikel kami yang berjudul Cara Merubah Tema atau Tampilan Facebook Dengan Mudah semoga dapat membantu.

Demikian sedikit tips tentang bagaimana cara untuk screenshot di layar, baik secara full ataupun sebagian. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu kita semua dan mudah dipraktekkan. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

1 Response to "Cara Mudah Screenshot di Komputer atau Laptop"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih