Cara Merawat Laptop Dengan Baik Supaya Awet



Merawat Laptop - Memperlakukan laptop dengan baik dan selalu membersihkannya adalah suatu hal yang tentunya harus selalu diusahakan ketika kita sedang tidak sibuk dan sedang tidak ada kegiatan yang harus dikerjakan.

Banyak orang menyepelekan hal ini padahal hal ini termasuk suatu hal yang wajib kita lakukan bila kita memiliki laptop agar kesehatan laptop kita tetap terjaga.

Laptop kita itu juga membutuhkan sebuah perawatan khusus supaya menjadi awet dan kemudian menjadi laptop yang tidak mudah rusak dan tentunya akan membuat diri kita senang juga bila laptop kita tahan lama.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik Supaya Awet
Laptop - mishba7

Namun sudah taukah bagaimana cara merawat laptop yang baik supaya awet ? Berikut dibawah ini sedikit penjelasan mengenai cara perawatan laptop dengan baik bagi yang belum mengetahuinya.

Bagaimanakah Cara Merawat Laptop Dengan Baik ?

Cara perawatan laptop yang baik supaya menjadi awet itu ada banyak, namun kurang lebih ragam dari cara perawatannya yaitu :

1. Jangan Pakai Laptop Terlalu Lama

Menggunakan laptop terlalu lama pastinya hanya akan memicu laptop untuk bekerja lebih keras dibandingkan biasanya saat menggunakan seperlunya saja. Usahakan gunakan laptop seperlunya saja kecuali terpaksa dibuat ngerjain tugas dan sebagainya yang penting.

2. Bersihkan Layar Secara Rutin dan Gunakan Pelindung Pada Layar

Rutinitas membersihkan layar laptop itu termasuk hal yang baik dan akan membuat kebersihan laptop tetap terjaga sehingga ketika memakainya kita akan merasa senang dan juga disisi lain laptop akan sehat karena bersih.

Jangan lupa saat pertama membeli atau setelah kita tau info ini coba gunakanlah pelindung pada layar laptop agar layar tetap aman dan jika tergores nanti goresan akan membekas pada anti gores dan bukan pada kaca layar monitor langsung.

3. Selalu Perhatikan Suhu Laptop

Memakai laptop dalam waktu lama tidak masalah jika itu penting, namun jangan sepelekan juga suhu laptopnya. Usahakan suhu dalam laptop tetap stabil dan tidak panas berlebihan agar kondisi laptop tetap terjaga.

Untuk membuat kondisi laptop tetap dalam suhu normal dapat memaksimalkannya dengan menggunakan banyak software yang bisa dicari di internet.


4. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Yang Berat Dilaptop

Coba sedikit kita beri kasihan pada laptop, caranya dengan tidak bermain game berat secara lama di laptop. Penggunaan laptop secara lama untuk ngegame hanya akan membuat sedikit dari banyak komponen pada laptop menjadi melemah jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, ini bisa-bisa akan membuat laptop hanya akan mengalami hang dan akhirnya hancur sudah.

Untuk mengantisipasi kerusakan laptop gara-gara sering digunakan untuk game, coba gunakan laptop seminimal mungkin untuk ngegame dan atur jadwal main game seminimal mungkin agar laptop menjadi awet.

5. Jauhkan Minuman Saat Memakai Laptop

Ini adalah suatu hal yang sering kali disepelekan oleh banyak orang yang memakai laptop. Perlu kita ketahui bersama bahwa bila laptop ketumpahan minuman yang ada disamping kita saat sedang memakai laptop, ini akan menjadikan laptop menjadi rusak bila air tersebut sampai masuk kedalam-dalam laptop.

Oleh karena itu berhati-hatilah ketika ada minuman disamping atau sekitar laptop, dan lebih baik jauhkan minuman disekitar ketika sedang menggunakan laptop dan jangan sepelekan hal ini agar laptop dapat sedikit terjauh dari kerusakan.

6. Selalu Menggunakan Baterai dengan Tanpa Mengecasnya Ketika Masih Terisi Banyak

Ketika kita memiliki laptop dan saat baterai laptop masih dalam kondisi banyak namun tetap memaksakan untuk di cas secara sering maka nanti saya pastikan umur baterai tidak akan lama, karena saya dulu mempunyai notebook dan notebooknya di cas dengan metode seperti itu.

Namun apa yang terjadi ? Notebook saya baterainya tidak tahan lama dan lama kelamaan baterainya menjadi rusak.

Jadi lebih baik cas baterai laptop ketika ada peringatan baterai lemah atau pada saat merasa waktunya baterai di charge saja agar baterai laptop tetap dalam keadaan sehat dan umurnya menjadi panjang.

Selain mengetahui cara merawat laptop, mungkin Anda juga tertarik untuk mempelajari cara merawat tablet, untuk lebih detail bisa lihat di Cara Ampuh Merawat Tablet Supaya Awet.

Demikian sedikit yang dapat dipaparkan mengenai Cara Merawat Laptop Dengan Baik Supaya Awet. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Merawat Laptop Dengan Baik Supaya Awet"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih