Cara Agar Hp Android Tidak Lemot atau Lelet



Cara membuat hp android tidak lemot - Memiliki hp android yang lemot adalah suatu hal yang pasti tidak menyenangkan. Dan membuat sebuah ponsel android yang awalnya lemot menjadi cukup cepat loadingnya adalah sebuah keinginan banyak orang.

Faktor yang mengakibatkan kelemotan ini biasanya adalah memori RAM yang sudah tidak muat atau terlalu kecilnya memori RAM hp android kita, kemudian kita menggunakan banyak aplikasi yang berkapasitas memori besar di handphone android kita. Itulah salah satu penyebab terjadinya lemot pada hp android.

Namun apakah kita semua mengetahui sebenarnya apa saja yang harus dilakukan agar handphone bisa berjalan tidak lemot ? Untuk mengetahui jawabannya, dibawah ini bisa kita lihat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkannya sehingga bisa berjalan sedikit cepat.


Cara Agar Hp Android Tidak Lemot atau Lelet
Gambar ilustrasi Android


Cara Membuat Hp Android Tidak Lemot

Dibawah ini bisa kita simak bersama mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan hp android agar tidak berjalan dengan lemot. Cara - cara itu antara lain adalah :

1. Gunakanlah Task Kill Manager Pada Hp Android

Bila hp kita lemot pastinya hp kita sering mengalami hang atau macet saat kita gunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi. Untuk mengatasi kemacetan, ini bisa dilakukan pengeluaran paksa aplikasi yang membuat hp hang dengan aplikasi " Task Kill Manager ".

Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengeluarkan sebuah aplikasi yang sedang berjalan seperti halnya start task manager pada laptop atau komputer. Kita bisa menemukan aplikasi ini dan mendownloadnya dengan mudah pada Google play store di hp android kita.

2. Lakukan Penghapusan Cache

Untuk menghapus cache pada hp android, kita bisa menggunakan " clean master " yang bisa didownload di Google Play Store juga. Namun tidak menggunakan aplikasi itu juga tidak masalah karena masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan.

Sepintas mengenai cache, jika kita sering melakukan browsing dan aktifitas lain di internet maka cache di hp android kita pastinya cukup banyak, dan jika cache ini tidak di hapus maka hp akan menjadi lemot, karena salah satu penyebab lemot adalah cache.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Menyimpan aplikasi yang tidak penting itu adalah pekerjaan yang tidak bermanfaat karena aplikasi tidak penting itu hanya akan membuat hp menjadi lebih lemot, aplikasi itu hanya membuat memori kita menjadi lebih full. Lebih baik gunakan memori untuk menyimpan aplikasi seperlunya saja yang dianggap penting agar hp tidak lemot dan menjadi cepat.

4. Tutup Aplikasi Background yang Masih Terbuka Namun Tidak Digunakan


Sebenarnya penggunaan aplikasi secara bersamaan itu hanya akan membuat hp kita semakin lemot karena butuh memori banyak untuk menyimpan aplikasi yang berjalan di background, jadi usahakan jikalau kita menggunakan hp maka buka sepentingnya saja dan jangan banyak membuka aplikasi secara bersama di hp android terutama pada hp android yang kondisi RAM-nya kecil agar hp tidak menjadi lemot.

5. Kurangi Pemakaian Memori Internal


Jika memori internal penuh maka lebih baik kurangi aplikasi yang di instal pada memori internal atau pindahkan beberapa aplikasi pada memori eksternal untuk membuat jalan atau loading hp menjadi tidak terlalu lambat atau lemot.

Pada beberapa jenis hp android mungkin biasanya akan ada yang tidak bisa memindahkan aplikasi pada memori eksternal secara langsung, nah untuk mengatasi hal ini kadang hanya ada solusi yang umum dilakukan oleh para pengguna yakni dengan melakukan root pada hp android tersebut.

Bila Anda berminat mempelajari bagaimana merawat laptop yang baik, Anda juga bisa mempelajarinya di Cara Merawat Laptop Dengan Baik Supaya Awet.

Demikian sedikit mengenai Cara Agar Hp Android Tidak Lemot atau Lelet, Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Agar Hp Android Tidak Lemot atau Lelet"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih