Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Kalangan Pelajar SMP, SMA, SMK



Peluang Usaha Kalangan Pelajar - Mencari penghasilan sendiri saat masih duduk di bangku sekolah adalah suatu keinginan bagi setiap siswa yang tidak malas dan merasa dirinya ingin punya uang jajan tambahan.

Kebanyakan dari siswa SMP, SMK, dan SMA itu mereka ingin bersekolah sambil bekerja. Karena pasti setiap hal kebanyakan melibatkan uang dan terutama dalam hal jajan.

Nah tentu dengan adanya hal ini beberapa dari mereka pasti berkeinginan untuk mencari penghasilan sendiri untuk mencukupi kebutuhan yang serba kurang.

Menyikapi hal ini, banyak cara dan peluang yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Namun ingat, kunci utama agar bisa berhasil ialah jangan pernah merasa malas mencoba setelah gagal.

Karena semua hal tidak selalu semudah membalik tangan. Bisa berawal dari tidak bisa, sukses berawal dari gagal kemudian bangkit dan bangkit.

Jadikan kegagalan adalah motivasi untuk berkembang. Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda. Jangan mudah menyerah. Kita akan menjadi berhasil bila kita terus berusaha dan berdoa. Semangat !!!

Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Kalangan Pelajar SMP, SMA, SMKPeluang Usaha Yang Cocok Untuk Pelajar

5 Peluang Usaha Yang Bisa Dilakukan Sambil Sekolah

Berikut lima peluang usaha yang dapat dijadikan pekerjaan sampingan pelajar dengan jalan halal.

1. Menjadi Penjual Pulsa

Berjualan pulsa adalah suatu pekerjaan yang mudah, ringan dilakukan dan merupakan salah satu jenis pekerjaan yang memiliki prospek kerja jangka panjang.

Mengapa berjualan pulsa adalah pekerjaan prospek jagka panjang ?

Berjualan pulsa termasuk pekerjaan prospek jangka panjang karena beberapa alasan. Tapi sebelum dijelaskan panjang lebar, saya ingin bertanya kepada kalian terlebih dahulu, apakah kalian memakai internet seperti ini tanpa menggunakan pulsa ? Hayo jujur ya hehe

Tidak mungkin tanpa pulsa bukan, nah oleh karena itu jualan pulsa adalah suatu pekerjaan yang menguntungkan yang mudah dilakukan dan sangat berprospek untuk kedepannya sehingga disebut pekerjaan jangka panjang.

Pulsa digunakan oleh hampir setiap orang, dari untuk berkomunikasi, untuk mengakses internet, chatting dan lain sebagainya.

Tapi memang sudah saya buktikan sendiri, berjualan pulsa itu labanya tidak terlalu banyak, namun jangan berfikir bila laba tidak banyak kita akan berhenti untuk tidak mencoba untuk menerjuninya.

Jangan seperti itu...

Perlu kita fikir juga, bila kita mendapat laba sedikit namun pembeli pulsa banyak, pasti laba yang kita dapat akan menjadi banyak.

Kalau saya mending sedikit laba tidak masalah yang penting pembeli nyaman, akhirnya jadi banyak dan rutin membeli.

Sudah itu saja kalau saya..

Saya sudah pernah menekuni bisnis ini sejak lama, sejak dari seorang siswa hingga mahasiswa, sehingga saya berani mengatakan demikian.

Hasilnya juga sudah bisa dirasakan, walau masih belum banyak seperti para penjual beneran tapi Alhamdulillah cukup buat ngisi pulsa dan beli permen hehe. (Baca juga : Tips atau Cara Berjualan Pulsa Agar Tidak Rugi Bagi Pemula)

2. Menjadi Penulis di Internet

Menjadi seorang penulis di internet memang bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan berprospek baik bagi seorang pelajar.

Selain uang didapat, pengetahuan kita yang bekerja sebagai penulis tentu akan menjadi banyak dan luas.

Menjadi penulis di internet itu maksudnya ialah bekerja dengan cara menawarkan sebuah jasa sebagai penulis di banyak situs, atau bisa juga membangun blog sendiri dan isinya dari pemikiran, review atau lainnya.

Bila memungkinkan, kita juga bisa mendapatkan bayaran dari salah satu perusahaan terbesar didunia yaitu google.

Caranya ?

Bila blog yang dibuat sudah memenuhi syarat, langsung saja daftarkan untuk menjadi publisher pay per click google yang namanya Google Adsense. (Baca juga : Cara Membuat Blog Dengan Mudah Dari Awal | Blogger)

Dari kerja sama itu nanti kita akan mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan bila kita bisa konsisten terus menulis dengan baik.

Kemudian bila lancar dan kita betah, maka tidak menutup kemungkinan kesuksesan akan mudah didapat. Dan bukan hanya sebagai tambahan uang jajan, tapi untuk mencukupi kebutuhan yang lain Insyaallah bisa.

Namun ingat, menjadi penulis di internet bukanlah hal yang mudah. Perlu sebuah pembelajaran yang lebih. Kesabaran dan semangat yang terus membara.

Selain itu, terus belajar sendiri agar mendapat keahlian khusus (autodidak) sangat perlu dilakukan untuk membantu agar mimpi cepat tercapai.

3. Menjadi Desainer

Seorang desainer itu banyak dibutuhkan terutama di internet. Kita bisa dengan mudah menawarkan jasa untuk mendesain sesuatu jikalau kita memiliki bakat untuk mendesain.

(Sebenarnya bukan hanya untuk yang memiliki bakat mendesain, tapi untuk yang mau berusaha dan berusaha.)

Bayaran seorang desainer juga lumayan dan bila sedang banyak order nanti hasilnya tentu akan sangat membantu dalam mengatasi masalah keuangan kita dan hasilnya ini pasti bisa digunakan untuk tambahan uang jajan.

Namun pekerjaan ini juga bisa dikatakan mudah-mudah sulit, sebab bagi yang bisa mendesain tentu akan bilang bahwa hal ini mudah dan bagi yang belum bisa pasti akan menganggap hal ini tidak cukup mudah.

4. Menjadi Penjual Kuliner

Bisnis kuliner juga termasuk pekerjaan yang berprospek jangka panjang. Selain bisa dilakukan disela-sela waktu, pekerjaan ini juga mudah untuk berkembang. Terutama bila kita bekerja sama dengan teman.

Pekerjaan di bidang kuliner ini cukup menjanjikan, seperti bila makanan yang kita jual sudah disukai dan dicap orang menjadi makanan enak, pasti kemudian banyak pembeli dan akhirnya dapat berkembang dengan baik. 

Modal bisnis ini adalah uang dan perasaan tidak pemalu. Tetapi modal utamanya ialah keberanian untuk tampil didepan orang (tidak pemalu).

Bila kita memiliki modal itu maka kita bisa memulai bisnis dengan secepat mungkin agar kita cepat menghasilkan uang jajan tambahan.

5. Membuka Usaha Print dan Fotocopy

Bila kita memiliki alat print dan foto copy dirumah yang banyak tidak dipakai maka gunakan saja alat ini sebagai media untuk menambah pemasukan uang jajan.

Penghasilan bila menekuni pekerjaan ini juga lumayan.

Bisnis foto copy dan print ini mudah dilakukan. Juga bisa dikerjakan diselain waktu sekolah seperti dimana kita akan membuka bisnis ini sepulang sekolah atau lain waktu yang utama saat tidak sibuk.

Untuk mengembangkan bisnis ini, kita bisa memulai dengan menyediakan tambahan aksesoris untuk dijual seperti pensil, penghapus dan lain-lain sedikit demi sedikit.

Tapi Ingat !!! Bekerja sambil sekolah boleh, namun jangan lupa mana waktu untuk belajar dan mana untuk istirahat.

Bila kalian berminat untuk menjalankan salah satu bisnis diatas maka silahkan saja kalian coba. Ketika mau berusaha dan berdo'a maka suatu hal yang diinginkan itu insyaallah akan tercapai.

Asal kita juga yakin bahwa itu akan terwujud dan terus berusaha sampai mendapatkannya, pasti akan terwujud.

Sebaiknya jangan sampai setelah bekerja kalian tidak bisa membagi waktu. Sebab kalau saja sekolah sampai keteteran maka suatu saat kita akan menyesal dengan sendirinya.

Lebih baik bila ingin bisa sekolah sambil bekerja dan tidak ingin keteteran dalam membagi waktu, segera tentukan mana jadwal bekerja dan belajar. Kemudian kontrol agar diri sendiri bisa mematuhi waktu yang dibuat dan usahakan tepat waktu agar bisa disiplin dan impian dapat tercapai dengan mulus.

Selain dengan kita belajar dan terus berusaha mencari penghasilan akan mendapat untung dua kali, kita juga akan mendapat pengalaman bisnis yang lebih bermanfaat untuk masa depan sehingga saat sudah lulus sekolah kita akan menjadi lebih terampil dan bisa mengimplementasikan ilmu yang kita dapat itu untuk masa depan.

Demikian sedikit yang dapat disampaikan mengenai peluang usaha yang cocok untuk kalangan pelajar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mishba7 blog



Baca juga :

8 Responses to "Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Kalangan Pelajar SMP, SMA, SMK"

  1. Dulu waktu saya mau sekolah, yang saya pengin ya jualan pulsa, tapi sampai lulus belum kesampaian :D

    ReplyDelete
  2. Aku pengin jualan kuliner tapi yang cocok apa kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bisnis kuliner juga sangat berprospek ya mbak .. Nah untuk menentukan jenis kuliner apa yang ingin dijual, mbak Khanifah bisa coba mencariya dengan banyak cara ..
      Salah satu gambaran cara mencarinya adalah dengan melihat bisnis kuliner disekitar, kuliner apa yang kelihatannya belum ada, atau kuliner apa yang sudah ada tapi bisa dimodifikasi lebih menarik …
      Dengan menganalisa seperti itu, besar kemungkinan mbak Khanifah akan bisa mendapat ide yang cocok.. Kalau masih belum mendapat ide yang pas, coba mbak Khanifah searching di intrnt tentang bagaimana kiat menentukan jenis bisnis yang tepat ..
      Terakhir jangan lupa, setelah mendapat ide yang cocok, segera realisasikan dan tetapkan strategi marketing yang tepat ya mbak .. Good luck :)

      Delete
  3. saya sudah melakukan kerja sampingan nomor 5 yaitu membuka usaha print dan ketik. Ceritanya saya adalah anak smp kelas 9 yg selalu mengganggur di rumah tdk ada kegiatan setelah belajar kalo siang . Guru ipa saya itu kalo kasih tugas harus print gambar jadi saya ngeprint sendiri di rumah ( kebetulan ada printer dan komputer , serta wifi dirumah saya) . Teman saya itu tanya kamu ngeprint dimana saya jawab di rumah sendiri , sejak itu saya mendapat job ngeprint dan ngetik dari teman teman saya . Lumayan lah untungnya biasanya dalam satu kelas ada 40 orng yg titip tugas ada sekitar 25 orang , biasanya saya bisa dapat untung sekitar 20-40 ribu gitu. Hal itu tdk mengganggu sekolah saya dan dpt mengisi waktu luang saya dari pada bermain hp dirumah.

    ReplyDelete
  4. saya sdh melakukna yg kelima dan untung nya bisa sampai 20 - 35 ribu untuk satu tugas . di kelas 9 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat atas keberhasilan usaha mbak Weni Lestari, semoga kedepannya semakin lancar dan berkembang. Semoga hal ini juga memotivasi teman-teman yang lain. Salam sukses | Mishba7 Blog.

      Delete

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih