Tips Jitu Menghilangkan Galau atau Sedih



Sedang galau - Galau atau sedih adalah suatu perasaan yang timbul dari hati berupa kegelisahan atau keresahan terhadap suatu hal. Tentu jika kita galau, hati kita tidak akan merasa tenang dan yang ada hanyalah sebuah rasa selalu resah. Selain itu buruknya lagi kita tidak akan pernah bisa fokus terhadap sebuah pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan.

Hampir semua remaja, anak-anak, dan bahkan orang dewasa pernah mengalami rasa yang satu ini. Hati kita diciptakan dengan dua kondisi (kondisi senang atau good mood dan kondisi sedih atau bad mood) jadi wajar.

Jika pada tingkat anak-anak kadang kegalauan datang karena masalah tertentu seperti karena sulit mengerjakan pekerjaan rumah, bertengkar dengan teman dan lain sebagainya. Jika pada orang dewasa dan remaja, cenderung mereka berbeda. Entah banyak atau sedikit karena pola fikirnya yang sudah dewasa, cenderung hal yang sering membuat kegalauan dan kesedihan adalah persoalan asmara. Tapi santai saja dan memang hukum alam seperti itu.

Tips Jitu Menghilangkan Galau atau Sedih

Sumber gambar dari situs pixabay .com

Berikut mari simak sedikit ulasan dibawah ini guna untuk mengatasi agar saat kegalauan meghampiri kita, pada saat itu juga kita bisa mengatasinya dengan mudah.

Cara Menghilangkan Galau

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan galau atau bad mood adalah :

1. Identifikasi penyebab kegalauan

Sebelum kita menyelesaikan masalah kegalauan, kita harus memahami masalah yang sebenarnya terjadi terlebih dahulu, kenapa dan apa penyebabnya, apakah itu memang salah sendiri ataupun itu salah orang lain. Ketahuilah secara jelas dan kemudian mulailah mencari solusinya dengan kepala dingin.

2. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri

Jika masalah galau yang ada itu karena diri sendiri, maka solusinya kita jangan terlalu menyalahkan diri sendiri secara berlebihan karena itu tidak baik dan memiliki dampak negatif terhadap kejiwaan, pemikiran, dan emosional. Jika kita terlalu menyalahkan diri, terkadang dampaknya bisa-bisa menjadi parah. Banyak orang yang bunuh diri dan melakukan hal yang keluar dari batas kewajaran itu tak lain adalah karena terlalu menyalahkan dirinya sendiri.

Sebenarnya hal itu salah, sangat salah karena diri sendiri juga butuh dihargai dan kita juga manusia yang memiliki hati, jika hati kita sakit hingga over maka bisa-bisa hanya prustasi yang ada dihati dan fikiran. Oleh karena itu, hargai segala kekurangan dan terima keadaan yang ada dengan ikhlas dan tidak merendahkan diri sendiri secara berlebihan. Banyak jalan untuk mengatasi masalah dan so, jangan berkecil hati, tiada masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Ingat !!!

3. Lakukanlah hal yang positif

Jika kita sedang galau atau sedih maka usahakanlah untuk selalu tidak diam diri kecuali tidur. Jika fikiran sudah sangat resah dan sudah sangat tertekan terhadap masalah yang ada maka tidur adalah solusi terbaiknya.

Tidur lebih baik dilakukan dari pada kita harus duduk melamun didepan tv ataupun tiduran dikamar sambil melamun. Lakukan saja hal yang baik dan bersifat positif seperti membantu orang tua, mengaji, melukis sebagai pengekspresian agar tenang (namun jangan marah-marah saat melukis).
Attention !!! Jangan sekali-kali melakukan hal negatif apalagi sampai fatal seperti yang penulis katakan pada efek prustasi point kedua diatas.

4. Dengarkan lagu

Memutar lagu adalah salah satu solusi agar fikiran kita tenang. Tapi lebih baik tidak dengan lagu yang berjenis melo atau yang mudah membuat galau, karena lagu itu hanya akan membuat kita semakin galau.

Lagu terkadang adalah teman disaat kita sedang galau, sedih dan disaat tiada teman disamping kita. Lagu dapat menemani kita, memberi kita motivasi, memberi kita semangat, dan tak jarang juga kita tanpa sadar sangat butuh pada lagu. Maka disaat kita galau, cobalah dengarkan lagu-lagu kesukaan kita namun dalam kutip yang memotivasi bukan yang malah membuat diri patah semangat.

5. Cari teman yang bisa memotivasi dan dipercaya

Teman yang baik dan dapat dipercaya adalah tempat kita mengutarakan curahan hati. Tapi ingat bahwa tidak semua teman dapat kita gunakan sebagai tempat sharing karena tidak semua teman dapat menjaga rahasia.

Oleh karena itu cari saja teman yang tepat untuk diajak berbagi cerita dan bisa memotivasi agar lebih baik. Dengan cara ini mungkin kita akan dapat sedikit bisa mengatasi kegalauan dan kemungkinan jalan keluar dari masalah akan segera ditemukan karena motivasi sahabat atau teman yang diajak berbagi cerita cenderung akan membawa jalan terang.

6. Berkumpul dengan teman 

Disaat kita berkumpul dengan teman-teman, mungkin disana nanti suasana akan ramai dan menyenangkan, dan dengan itu kegalauan kita akan menjadi sedikit hilang. Setelah perasaan dan hati sudah sedikit tenang, coba fikirkan jalan keluar dari masalah yang membuat kita menjadi galau agar masalah pada saat itu juga dapat terselesaikan sehingga kita menjadi tidak galau atau sedih lagi.

7. Perbanyak ibadah dan doa

Perlu kita ingat bahwa segala permasalahan yang ada pada kita itu datangnya dari Allah. Oleh karena itu cobalah merubah diri yang awalnya tidak pernah berdo'a dan beribadah menjadi segera berdo'a dan beribadah agar diri menjadi tenang, dan terjauh dari syetan yang hanya membuat masalah.

Tiada kata terlambat selagi jiwa masih bisa bernafas. Mari segera mengingat sang pencipta agar hidup kita bisa menjadi tenang. Ingat perkataan ini !!! " Hidup akan berhasil jika ada usaha dan usaha akan berhasil jika disertai doa ". Nah dengan demikian kita harus selalu berdoa dan tidak boleh melupakan sang pencipta agar hidup kita menjadi terarah dan segala masalah yang datang segera diberi jalan keluar.

Bila kita memiliki pacar tentu ingin rasanya membuat dia selalu bahagia, nah untuk itu baca juga cara membuat pacar kita senang atau bahagia.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara menghilangkan perasaan galau dan sedih yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Tips Jitu Menghilangkan Galau atau Sedih"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih