Totipotensi atau Kemampuan Meristem



Pengertian totipotensi - Totipotensi ialah kemampuan dari sel meristem untuk menjadi individu baru. Sifat totipotensi pada jaringan tanaman dimanfaatkan untuk memperoleh anakan yang seragam dalam jumlah banyak dan cepat.

Maka berdasarkan sifat tersebut satu bagian tanaman dapat dikloning menjadi tanaman identik secara genetik. Usaha memperoleh individu baru dari satu sel/ jaringan disebut kultur jaringan atau kultur sel. Usaha ini sangat bermanfaat dan berdampak baik pada perkembangan dunia pertanian.

Totipotensi atau Kemampuan Meristem

Sumber gambar : id.wikipedia.org

Kultur Jaringan atau Kultur Sel

Tahap-tahap teknik kultur jaringan atau kultur sel antara lain yaitu :

1. Tahap persiapan dan sterilisasi eksplan

Pada tahap ini dilakukan sterilisasi alat dan pembuatan media tanam berupa media agar-agar dengan ditambahkan unsur mineral mikro, makro, dan zat pengatur tumbuh.

2. Tahap inokulasi

Pada tahap ini dilakukan penanaman eksplan dalam ruang tertutup/ entas yang telas disterilkan. Eksplan dalam media kultur ini selanjutnya dipelihara dalam ruang bebas hama yang terkontrol suhu lingkungannya.

3. Tahap sub kultur

Pada tahap ini dilakukan pemindahan eksplan kedalam media tanam yang baru.

4. Tahap aklimatisasi

Bibit tanaman yang dihasilkan berupa tumbuhan berukuran kecil, kemudian diaklimatisasi agar beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Keuntungan Teknik Kultur Jaringan

Seperti yang sudah dikatakan diatas, teknik kultur jaringan memiliki beberapa manfaat yang dapat berdampak baik, yaitu :
  • Bebas menentukan bagian tumbuhan yang akan dikultur
  • Waktu relatif singkat
  • Tidak membutuhkan banyak ruang/ ruang yang luas
  • Cepat menghasilkan tanaman baru dalam jumlah banyak dan seragam

Demikian sedikit ulasan mengenai totipotensi. Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Totipotensi atau Kemampuan Meristem"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih