Sejarah Agama Islam Masuk Indonesia



Masuknya agama Islam di Indonesia - Agama Islam mulai masuk di Indonesia pada abad pertama Hijriyah ( kira-kira pada abad 7 atau 8 masehi ). Sebelum agama islam tersebar luas di Indonesia, berbagai macam agama dan kepercayaan seperti Animisme, Dinamisme, Hindu dan Budha telah dianut oleh masyarakat Indonesia.

Agama Islam Masuk di Indonesia Melalui 2 Jalur :
  1. Jalur utara, dengan rute Arab ( Mekah dan Madinah ) - Damaskus - Bagdad     - Gujarat ( Pantai Barat     India ) - Srilangka - Indonesia
  2. Jalur Selatan, dengan rute Arab ( Mekah dan Madinah ) - Yaman - Gujarat - Srilangka - Indonesia.

Sejarah Agama Islam Masuk Indonesia

Ilustrasi perjuangan menyebar agama islam lewat jalur perdagangan - Sumber gambar : pixabay.com

Namun secara pasti kapan agama Islam masuk ke Indonesia tidak tercatat dalam sejarah, akan tetapi ada beberapa peninggalan sejarah yang membuktikan bahwa pada abad ke 7  masehi agama Islam telah ada di Indonesia.

Bukti Agama Islam Sudah Ada di Indonesia Pada Abad Ke-7

Peninggalan itu antara lain adalah :
  1. Pada abad 7 masehi di Pasai ( wilayah Aceh ) merupakan kota pelabuhan Internasional sehingga pedagang Aceh, Gujarat ( India ), Tiongkok dan lain-lain yang beragama Islam sudah sampai di pelabuhan Internasional ini.
  2. Di Pantai Barat Pulau Sumatera ditemukan perkampungan Muslim pada abad ke-7, di Brus ( daerah Tapanuli ) ditemukan makam syekh Muakiddin ( syekh Muwahiddin ) yang tercatat wafat pada tahun 670 M.
  3. Di Laren ( Jawa Timur ) ditemukan makam Fatimah Binti Maimun tercatat wafat pada tahun 1101 M sebagai muslimah. ( Berarti pada saat itu di Jawa Timur sudah ada orang Islam )
  4. Prabu Purwa ( Raja Pajajaran - Jawa Barat ) menyerahkan tahta kepada Prabu Munding Sari, untuk mengembara ke India dan mempelajari Islam. Pada tahun 1195 Prabu Purwa naik haji dan lebih dikenal dengan sebutan Haji Purwa dan akhirnya mengembangkan ajaran Islam di Indonesia.

Agama Islam masuk ke Indonesia melalui jalur Perdagangan dan dengan cara damai. Perkembangan Agma Islam di Indonesia begitu cepat, sehingga akhirnya mayoritas penduduk Indonesia beragamakan Islam. Islam dapat secara cepat menyebar di Indonesia ini tak lain adalah dikarenakan beberapa hal, yaitu :
  • Dorongan bagi setiap muslim untuk berdakwah semampunya. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW. yang artinya "sampaikan dariku walau satu ayat".
  • Persyaratan untuk masuk ajaran agama Islam sangatlah mudah dan tidak membebani para penduduk. Yaitu cukup dengan membaca dua kalimat syahadat.
  • Ajaran agama islam tentang persamaan, tidak ada sistem kasta dan diskriminasi.
  • Upacara dalam ajaran Islam lebih murah, mudah dan sederhana.
  • Jika ada raja yang masuk Islam, beliau ikut berperan aktif dalam berdakwah kepada rakyatnya.

Persebaran agama Islam di Indonesia pun melalui 3 cara, dan cara itu dilakukan baik-baik dan tanpa ada paksaan sehingga mudah sekali masuk Indonesia.

Persebaran melalui 3 cara itu ialah :
  1. Perdagangan, perilaku para pedagan yang ramah, jujur, dan dermawan sehingga para masyarakat mudah tertarik pada agama Islam dan mengizinkan para saudagar menikah dengan anak-anak mereka.
  2. Pernikahan, melalui pernikahan akhirnya dengan sangat cepat agama Islam menyebar pada saudagar-saudagar, baik dari kalangan biasa maupun kalangan bangsawan.
  3. Kekuasaan raja, jika terjadi perluasan antar wilayah kerajaan, raja yang dikalahkan oleh kerajaan Islam, maka  raja dianjurkan untuk masuk agama Islam, sehingga rakyatnya mengikuti agama rajanya.

Persebaran Islam di Indonesia berawal dari beberapa tempat antara lain :
  • Sumatera
  • Jawa
  • Sulawesi dan Kalimantan
  • Maluku dan sekitarnya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa persebaran agama Islam di Indonesia sangatlah cepat dan dengan mudah agama Islam bisa masuk ke Indonesia. Namun walau mudah, hal itu juga butuh pengorbanan yang memakan tenaga, fikiran dan kesabaran yang cukup untuk mendapatkannya. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus haruslah meneruskan perjuangan mereka yang bersusah payah berjuang memperjuangkan agama Islam dahulu dengan cara terus belajar mencari ilmu dan mengamalkannya. 

Demikian sedikit ulasan mengenai sejarah agama Islam masuk di Indonesia. Semoga Bermanfaat. Mishba7 Blog



Baca juga :

1 Response to "Sejarah Agama Islam Masuk Indonesia"

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih