Pertumbuhan Dan Perkembangan - Pada Tumbuhan



Pertumbuhan dan perkembangan - Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang dapat diukur atau kuantitatif dan bersifat Irreversible atau tidak balik. Sedangkan perkembangan adalah suatu proses pertambahan ukuran menuju kearah kedewasaan dan tidak dapat diukur atau kualitatif.

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Bentuk Tabel

Pertumbuhan dan juga perkembangan selalu diawali dengan perkecambahan yang menandai masa dormansi biji. Lantas apa yang dimaksud dengan perkecambahan ? Perkecambahan adalah keluarnya radikula menembus kulit biji. Dalam proses perkecambahan terdapat beberapa syarat agar perkecambahan tersebut dapat berlangsung dengan baik. Syarat tersebut antara lain adalah :
  • Cahaya yang cukup
  • Air yang cukup
  • Suhu yang cukup
  • Udara yang cukup
Tips untuk menghafal gunakan saja huruf depan dari syarat perkecambahan agar semakin mudah diingat. Jadi cukup ingat CASU, jika kalian sudah mempelajarinya maka otomatis nanti akan ingat lanjutannya sendiri.

Bagian - Bagian Biji

Adapun beberapa dari bagian yang ada pada biji adalah :
  • Plumula ( adalah bagian pada tumbuhan yang akan tumbuh menjadi batang )
  • Epikotil ( adalah bagian yang berada diatas kotiledon )
  • Hipokotil (adalah bagian yang berada dibawah kotiledon )
  • Kotiledon ( adalah cadangan makanan pada tanaman )

Proses Perkecambahan

Proses perkecambahan dibagi menjadi 2 cara yang antara lain adalah :
  1. Fisika – yaitu proses yang terjadi ketika biji menyerap air.
  2. Kimia – yaitu proses masuknya air yang mengaktifkan embrio lalu melepas hormon giberelin dan enzim menghidrolisis cadangan makanan.


Tipe Perkecambahan

Tipe perkecambahan ada 2 macam yaitu :
  1. Epigeal ( Diatas Tanah ) - Epigeal adalah pemanjangan pada hipokotil tumbuhan yang menyebabkan plumula dan kotiledon menjadi terangkat kepermukaan tanah. Sebagai contohnya adalah kacang tanah.
  2. Hipogeal ( Dibawah Tanah ) - Hipogeal adalah pemanjangan pada epikotil sehingga plumula keluar keatas tetapi kotiledon tetap didalam tanah. Contohnya adalah Tanaman Jagung.


Pertumbuhan Pada Tumbuhan

Adapun pertumbuhan pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

1. Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi pada embrio, ujung akar, dan ujung batang, dan zigot sebagai hasil pembuahan sel kelamin betina oleh sel kelamin jantan akan tumbuh dan berkembang menjadi embrio.

Embrio memiliki 3 bagian utama yang antara lain adalah :
  • Tunas Embrionik
  • Akar Embrionik
  • Kotiledon


Ciri Pertumbuhan Primer
  1. Menyebabkan penambahan tinggi.
  2. Diakibatkan aktivitas jaringan meristem primer.
  3. Dapat diukur dengan Auksanometer / busur tumbuh.

Pembagian Meristem

Berdasarkan letaknya meristem dibagi menjadi 3 tipe, yaitu :

1.  Meristem Apikal

Yaitu meristem yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang yang mempunyai sebuah peran pada pertumbuhan primer tumbuhan. Dampak meristem ini adalah akan menjadikan tumbuh tanaman menjadi tinggi dan akar tanaman tersebut menjadi lebih panjang.

2. Meristem Lateral

Yaitu meristem yang terdapat pada batang tumbuhan yang telah dewasa. Meristem jenis ini berperan pada pertumbuhan sekunder. Dampaknya meristem ini adalah akan menjadikan ukuran pada batang semakin bertambah dan akan menyebabkan terbentuknya lingkaran tahun.

3. Meristem Interkalar

Yaitu meristem yang terdapat pada nodus ( tempat melekatnya daun ) batang atau tangkai yang dekat dengan permukaan tanah. Meristem ini berdampak pada tumbuhan yaitu menjadikan batang pada tumbuhan akan tetap tumbuh meski ujung pada batang itu telah dipotong. Misalnya pada tanaman jagung.

Pertumbuhan Meristem

Pada pertumbuhan primer terdapat 4 zona pertumbuhan akar, yang antara lain adalah :
  1. Tudung akar - Tempat tudung akar yaitu terdapat pada Ujung akar, dan memiliki fungsi yaitu melindungi meristem.
  2. Meristem - Tempat meristem yaitu terletak pada atas tudung akar, dan memiliki fungsi yaitu menggantikan sel-sel yang rusak yang telah aus.
  3. Daerah Pemanjangan - Tempat daerah pemanjangan adalah belakang pembelahan, dan memiliki fungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan.
  4. Diferensiasi - Tempat diferensiasi adalah diatas daerah pemanjangan, berfungsi membentuk bulu-bulu halus, dan spesialisasi organ.

2. Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang berlangsung pada tumbuhan menahun, lebih tepatnya terdapat pada kayu yang merupakan tumbuhan dikotil.

Pembagian Meristem Sekunder

Meristem sekunder dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Kambium vaskuler - Adalah kambium yang berperan pada pertumbuhan jaringan pengangkut atau vaskuler ( xilem dan floem ).
  2. Kambium Gabus atau felogen - Adalah kambium yang berperan menggantikan epidermis yang telah rusak karena tumbuhan bertambah besar.

Ciri- Ciri Pertumbuhan Sekunder
  • Menyebabkan penambahan besar pada organ
  • Diakibatkan aktivitas jaringan meristem sekunder. Contohnya kambium.

Demikian ulasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Semoga dapat bermanfaat. Mishba7 Blog



Baca juga :

0 Response to "Pertumbuhan Dan Perkembangan - Pada Tumbuhan "

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih