Jenis-Jenis Burung Kenari



Macam-macam jenis burung kenari - Kalian tahu burung kenari bukan...? burung kenari sudah popular di mana-mana dan sudah banyak pula yang merawat dan bahkan menernaknya. Pada kesempatan ini kami berbagi pengetahuan mengenai jenis-jenis burung kenari yang sudah tenar itu.

Burung kenari adalah burung yang cantik dan menawan, dan yang sangat mengiurkan hati, burung itu sangat sering kali berkicau dan kicaunya sangat bagus, apalagi kalau dilatih serta dimaster wao.. pasti lebih bagus hehe. Burung tersebut memiliki berbagai jenis varian warna yang sering disebut dengan istilah Serinus Canaria. Untuk macam-macamnya akan dibahas dibawah ini, silahkan simak lebih lanjut untuk mengetahuinya. Lihat juga Bisnis Ternak Kenari.

Macam-Macam Jenis Burung Kenari

Berikut ini macam-macam jenis burung kenari :

  • Kenari Jenis Norwich



Pertama kali jenis kenari ini datang dan dibawa ke daratan inggris oleh para penenun dari bangsa Flam, yang tepatnya di kota Norwich, mereka datang ke daratan inggris karena mereka menghindari pembantaian yang dilakukan oleh Spanyol. Kenari Norwich ini memiliki ciri­ yaitu memiliki bulu yang agak tebal, bentuk tubuhnya yang agak bulat, bentuk dadanya lebih lebar, punggungnya yang kebanyakan pendek dan lebar, serta memiliki sayap lebih pendek. Kenari jenis ini yang warnanya paling sering dijumpai adalah kenari yang berwarna hijau.

  • Kenari Jenis Yorkshire



Kenari ini berasal dari persilangan antara kenari Lanchasire dengan kenari Belgia. Kenari ini digambarkan mirip seperti wortel karena bentuk dadanya hampir mirip dengan wortel yang dibalik. Kenari jenis ini cenderung selalu berdidri tegap serta memiliki kaki yang lebih panjang dibanding dengan kenari jenis lainnya. Panjang dari kenari yorkshire sekitar 16 cm, biasanya dalam perlombaan, burung kenari jenis ini dinilai dari segi keindahannya. Kenari ini tergolong harganya lebih mahal dari kenari jenis lainnya.

  • Kenari Jenis Roller



Kenari Roller termasuk salah satu jenis kenari yang paling banyak digemari oleh para kenari mania. Burung ini termasuk keturunan dari kenari jenis jerman, dan sudah banyak dikembangkan di sekitar daerah pegunungan di jerman yang memiliki nama Hartz. Ciri­-ciri kenari ini pada saat perlombaan yaitu kenari ini di taruh di dalam sangkar kayu yang ditutupi kain di bagian depannya, karena dalam proses pada saat pelatihannya apabila dibuka kain penutupnya maka kenari harus dan selalu berbunyi. Pemilihan pakan yang berkualitas juga sangat berpengaruh terhadap keahlian berbunyi burung ini.

  • Kenari Jenis Cinnamon



Kenari Cinnamon ini memiliki sedikit kesamaan dengan kenari Norwich dan sama-sama ter golong burung yang menarik. Panjang burung ini antara 15—16 cm. Burung Cinnamon mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang kebanyakan serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek, ekor pendek, dan paruhnya juga pendek. Banyak burung ini yang memiliki warna hijau yang cukup menarik Sekali. Burung ini sangat jarang yang berwarna putih.

  • Kenari Jenis Gloster



Kenari jenis ini bentuk tubuhnya berukuran tidak melebihi 11 cm. Namun biasanya jika dalam perlombaan, burung kenari Gloster tubuhnya tidak dibolehkan melebihi dari 11 cm. Ciri­-ciri yang mencolok pada burung ini adalah terletak pada warna bulunya yang cenderung berwarna kuning, serta sayapnya yang agak kehijau­-hijauan, dan warna ekor yang putih. Burung kenari Gloster yang tidak memiliki jambul disebut dengan Kenari Gloster Consort, dan yang memiliki jambul disebut dengan kenari Gloster Corona.
  • Kenari Jenis Border


Kenari jenis ini terdapat di daratan antara Skotlandia dan Inggris. Kenari jenis ini berasal dari daerah Cumberland Facy dan juga tedapat di daerah perbatasan atau bahasa inggrisnya disebut dengan Border. Ciri khas pada kenari border ini adalah bentuk tubuhnya yang bulat saat perlombaan.
  • Kenari Jenis Frill


Kenari Frill memiliki beberapa bulu yang unik, yang paling dikenal adalah mantle, jabot,dan fin. Mantle adalah bulu yang berada di tengah­tengah punggung kenari ini, (simetris). Jika Jabot adalah bulu yang terdapat pada bagian dadanya yang merombak ke dalam hingga berbentuk seperti kerutan yang menutup. dan Fin ialah bulu yang terdapat di sekitar paha hingga ke sekeliling sayapnya. Apabila bulunya tumbuh dengan bagus, sempurna maka akan terlihat indah dan sangat menawan hati, tapi sebaliknya bila bulu­bulu tersebut tidak tumbuh dengan sempurna maka akan kelihatan aneh karena bulu tersebut berbeda-beda.
  • Kenari Jenis Belgia



Kenari Belgia adalah jenis kenari yang sudah banyak dan sudah lama dikembangbiakkan, namun kenari ini termasuk jenis kenari yang susah diternak, dan kebanyakan cara ternaknya yaitu dengan menetaskan telurnya dengan cara menitipkan telurnya di indukan kenari jenis lainnya. Ciri khasnya adalah memiliki bentuk kepala yang kecil seperti ular.
  • Kenari Jenis Crest


Kenari ini adalah termasuk salah satu jenis kenari tertua, kenari jenis crest ini dikenal pada awal tahun 1950­an. Pada awalnya kenari ini dikenal dengan sebutan turn­crown yang kemudian menjadi sangat populer dan banyak dikenal dengan sebutan king of the fancy yang artinya adalah raja fantasi. Kenari jenis ini memiliki 2 variasi, yaitu ada yang memiliki jambul (mahkota) dan ada yang tidak memiliki jambul. Dan yang uniknya adalah jika memiliki jambul maka jambulnya itu bisa sampai menutupi kepalanya. bahkan dalam perlombaannya, biasanya kenari ini pada saat lomba, penilaian diperioritaskan pada jambulnya yang harus benar­-benar sempurna.

Demikian beberapa jenis burung kenari dan semoga bermanfaat bagi semua dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan mengenai jenis burung kenari. Mishba7 blog

Source picture : Google.co.id



Baca juga :

0 Response to "Jenis-Jenis Burung Kenari"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih