Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan | Biologi



Faktor pertumbuhan dan perkembangan - Faktor yang mempengaruhi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan suatu tumbuhan ada beberapa macam yang mana kemudian dikelompokkan menjadi 2 macam. Antara lain yaitu :

1. Faktor Dalam ( Internal )

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari tumbuhan itu sendiri dan memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan. Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan antara lain dibedakan juga menjadi 2 yaitu :
  1. Intrasel yaitu faktor yang berasal dari genetik dan bersifat menurun atau hereditas.
  2. Intersel yaitu faktor yang berasal dari hormon atau lebih dikenal dengan hormon tubuh yang terdapat pada tubuh tumbuh-tumbuhan.

Kecambah - Source picture : shutterstock.com

Hormon Tumbuhan

Hormon tubuh atau hormon yang terdapat pada tubuh tumbuhan itu antara lain adalah :

1. Hormon Auksin

Hormon ini memiliki peran yang cukup penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Fungsi dari hormon ini antara lain yaitu :
  • Merangsang pertumbuhan batang, tetapi mencegah pertumbuhan akar sejati.
  • Merangsang pembentukan akar lateral dan serabut.
  • Merangsang pembentukan batang ( salah satu sisi batang yang terkena sinar matahari secara langsung, pertumbuhan batang tersebut akan menjadi lambat, namun untuk sisi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung akan tumbuh menjadi lebih cepat dan hasilnya akan membantuk tumbuhan yang hidup dengan batang yang miring dan mengakibatkan tumbuhan itu menjadi condong ke arah matahari ).
Hormon auksin bisa rusak jika terkena sinar matahari

2. Hormon Giberelin

Hormon giberelin ini juga memiliki peran yang cukup penting didalam pertumbuhan dan perkembangan suatu tumbuhan. Sifat hormon giberelin tersebut antara lain yaitu :
  1. Mempengaruhi perkembangan embrio dan kecambah, yaitu untuk merangsang lapisan butir-butir aleuron untuk mensintesis amilase.
  2. Mempengaruhi pemanjangan dan pembelahan sel. ( Pemberian hormon giberelin pada tumbuhan yang kerdil akan membuat tumbuhan kerdil itu menjadi tumbuh normal kembali, dan jika tumbuhan normal diberi hormon giberelin ini akan dapat tumbuh menjadi lebih cepat ).
  3. Menghambat pembentukan biji, memperbesar ukuran buah, merangsang perbungaan, merangsang pertumbuhan saluran polen, serta menghambat dormansi dalam kuncup tunas dan biji. 

3. Hormon Sitokinin

Awal permulaan sitokinin ditemukan pada batang tanaman tembakau dan ternyata hormon tersebut mempunyai fungsi yang antara lain adalah :
  1. Merangsang permbelahan sel dengan cepat ( bersama auksin, dan giberelin dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatur pembelahan didaerah meristem sehingga pada akhirnya akan menjadikan titik pertumbuhan tubuh menjadi normal ).
  2. Mengatur pembentukan bunga dan buah.
  3. Memperkecil dominasi apikal dan bisa dimanfaatkan untuk memperbesar daun yang muda.
  4. Menunda mengugurkan daun, bunga, buah dengan cara menigkatkan transpor zat makanan pada organ tersebut.
  5. Membantu proses pembentukan akar dan tunas pada pembuatan kultur jaringan.

4. Hormon Kalin

Hormon kalin adalah hormon yang memiliki peran sangat penting dalam hal ini, yaitu sebagai perangsang pembentukan organ tumbuhan. Hormon kalin ini dibedakan menjadi beberapa macam yang mana disetiap macamnya memiliki fungsi yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya.

Macam-Macam Kalin

Kalin dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
  1. Rizokalin, yaitu hormon yang merangsang dalam pembentukan akar ( dalam hasil penelitian kimia, ditemukan bahwa hormon ini memiliki struktur kimia yang identik dengan vitamin B1 atau Tiamin ).
  2. Kaulokalin, yaitu hormon yang merangsang dalam proses pembentukan batang.
  3. Antokalin, yaitu hormon yang merangsang dalam pembantukan bunga.
  4. Filokalin, yaitu hormon yang merangsang pembantukan daun dalam tumbuhan.

5. Gas Etilen

Gas etilen adalah hormon yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua.  Tumbuhan menghasilkan gas etilen untuk merespon terhadap adanya tekanan ( stres ), seperti kekeringan, kebanjiran, luka dan infeksi.

Gas etilen memiliki manfaat yang luar biasaya dalam membantu mempermudah kehidupan manusia. Kebanyakan gas etilen dimanfaatkan untuk mematangkan buah yang sudah waktunya masak maupun terkadang yang belum waktunya masak.

2. Faktor Luar  ( Eksternal )
  • Makanan ( Mineral dan Air )
  • Suhu
  • Air
  • Kelembapan
  • Oksigen
  • Cahaya

Untuk menghafalnya, Agar cepat hafal, gunakan saja cara singkat yaitu cukup mengingat "MASUAKELOCA".

# ISTILAH YANG BERKAITAN DALAM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Dominasi Apikal

Dominasi apikal ini adalah keberadaan ujung tunas yang menghambat pada pertumbuhan tunas lateral pada tumbuhan ( ketiak ).

Daya Restitusi/ Regenerasi

Istilah daya restitusi atau regenerasi artinya adalah kemampuan tubuh-tumbuhan untuk memperbaiki bagian tubuh yang rusak.

Etiolasi

Etiolasi artinya adalah pertubuhan tumbuhan yang cepat di tempat gelap.

Defisiensi

Defisiensi yaitu kekurangan salah satu atau sebagian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Macronutrien : C, H, O, N, S, P, K, Ca, Mg

Micronutrien : B, Mo, Zn, Fe

Syarat Perkecambahan

Syarat sebuah perkecambahan antara lain adalah :
  • Cahaya yang cukup
  • Air yang cukup
  • Suhu yang cukup
  • Udara yang cukup

Untuk menghafalnya, gunakan cara tepatnya saja, yaitu dengan hanya mengingat "CASU".

Demikian yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, Semoga bermanfaat. Mishba7 blog



Baca juga :

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan | Biologi "

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih