Cara Ternak Burung Kenari Untuk Bisnis Kenari



Berternak kenari - Burung kenari adalah jenis burung yang cukup populer dikalangan masyarakat. Burung ini banyak diminati dan dijadikan burung favorite oleh banyak orang karena bentuk tubuhnya yang ramping, suara merdu, indah dan cukup nyaring.

Harga burung ini juga bervariasi, mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal banyak tersedia di pasaran. Jadi tak heran kalau banyak peminat burung ini karena mulai dari kalangan bawah sampai dengan kalangan atas dapat dengan mudah memilikinya.

Dengan adanya peminat burung kenari yang banyak, tentu ini menjadikan salah satu peluang bagus untuk mencari penghasilan dengan cara berternak kenari. Karena sekarang mencari pekerjaan sedikit sulit, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan peluang yang ada. Siapa tahu hal ini menjadi jalan keberhasilan karir Anda.

Berikut dibawah ini dapat Anda simak mengenai beberapa langkah yang dapat dicoba untuk memulai bisnis ternak kenari.

Ternak kenari


Langkah-Langkah Berbisnis Kenari

Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam berbisnis kenari adalah :

1. Siapkan Modal (Biaya)
Langkah awal yang harus dipersiapkan sebelum berbisnis adalah menyiapkan uang sebagai modal awal membeli burung, membeli sangkar (atau juga bisa membuat sangkar sendiri tanpa membeli ) dan uang untuk perawatan burung. Untuk modal ini sangat penting karena yang namanya usaha untuk pasti semuanya butuh biaya. 

2. Mulai Fikirkan Rencana Kedepan
Jika anda sudah memiliki dana untuk modal utama, maka langkah selanjutnya adalah mulai fikirkan rencana kedepan agar setelah itu mempunyai ancang-ancang sehingga bisnis dapat termanagement (tertata dengan baik) dan tidak asal-asalan.

3. Mengetahui Burung Kenari
Untuk mengetahui jenis-jenis burung kenari, yang harus dilakukan adalah harus mencari-cari info mengenai kenari yang baik diternak, baik dari media online atau offline. Jika pada media online tempatnya adalah pada internet, sedangkan jika offline adalah pada orang terdekat yang tahu bagaimana seluk beluk kenari.

Yang harus diketahui adalah mengenai jenis-jenis kenari, harga dan jenis kenari apa yang sedang memiliki harga yang baik (stabil) di pasaran. Lihat disini macam-macam jenis burung kenari.

4. Ketahui Jenis Kelamin Burung Kenari
Terkadang dalam pemilihan jenis burung kenari pada saat membeli burung kenari itu sering sekali terjadi kesalahan karena masih bingung dan tidak mengetahui bagaimana jenis yang jantan dan bagaimana yang betina.

Mungkin untuk master kenari menurut saya pasti tidak sulit dan sangat mudah membedakan kenari jantan dan betina, namun untuk seorang pemula, saya yakin pasti akan kerepotan dalam memilih.

Namun jangan kuatir, dibawah ini bisa Anda lihat cara mengetahui kelamin pada burung kenari agar tidak salah pilih.

Cara Membedakan Kenari Betina dan Jantan.
  1. Pada kenari yang berumur 5 bulan atau lebih, biasanya kenari jantan cenderung memiliki warna lebih terang khususnya pada bagian dekat kepala.
  2. Bentuk kepala untuk burung kenari jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang pipih, sedangkan untuk burung kenari betina biasanya memiliki bentuk kepala yang bulat.
  3. Jika pada kenari yang berumur 6 bulan, kebanyakan kenari ini belum ketahuan jenis kelaminnya, tapi jika kenari dicampur dengan kenari-kenari lainnya maka akan terlihat antara jantan dan betina karena kebanyakan kenari betina akan duduk lebih rendah karena struktur badannya cenderung rendah. 
  4. Selain itu, biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika salah satu ingin berkicau. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan dia hanya sekedar ingin berkicau.
  5. Dubur burung kenari jantan memiliki tonjolan dan tonjolan ini sangat jelas, jika burung kenari betina biasanya tidak memiliki tonjolan pada dubur dan jika memilikipun tonjolan tidak begitu jelas atau tidak begitu menonjol.

5. Persiapkan Tempat atau Kandang Burung Sebelum Membeli Burung

Hal awal yang perlu disiapkan sebelum membeli burung adalah siapkan tempat karena jika tiada tempat untuk menempatkan burung maka akan ditaruh dimana burung kita nanti. Kalau bisa tempatkan burung pada dinding agar sangkar burung tidak goyang-goyang terus, dan pada tempat yang teduh dan tidak pada keramaian agar burung terhindar jauh dari stress dan menjadi nyaman.

Kemudian jika sudah ada tempat maka buat atau beli kandang untuk burung kenari nantinya. Ukuran kandang atau bentuk dari kandang burung kenari terserah namun usahakan agar tidak terlalu kecil agar burung bisa bergerak lebih leluasa dan nyaman sehingga terjauh dari resiko stress.

6. Beli Burung
Sebelum membeli burung pastikan sudah bertanya-tanya kepada teman, saudara atau orang lain yang mengerti mengenai harga dan bisa membantu anda memilih tempat membeli burung yang tepat dan murah nantinya. Setelah lebih baik pilih umur burung yang sudah siap untuk produksi anak agar anda tidak lama menanti hasil dari usaha anda, namun jika memiliki modal sedikit maka pilihlah yang muda saja namun perawatannya lebih lama dan untuk menghasilkan anak juga butuh waktu yang lumayan lama namun jangan kawatir, asal punya niat dan mau usaha pasti akan berhasil.
Berapa usia burung kenari yang siap kawin ?
Biasanya burung kenari yang siap untuk dikawinkan adalah pada usia 8 bulan untuk burung kenari
jantan, dan usia 6 bulan bagi kenari betina. 

7. Pelihara dan Rawat Dengan Penuh Kasih Sayang
Dalam Berternak burung agar sukses dibutuhkan kasih sayang dalam perawatannya karena jika tanpa kasih sayang maka akan cepat bosan dan akhirnya bisnis akan mudah sekali untuk ditinggalkan dan hal ini akan membuat keberhasilan semakin lama datang.

8. Lakukan Perjodohan
Jika Burung sudah dirasa siap untuk dijodohkan atau sudah berumur 6 untuk betina dan 8 bulan untuk jantan maka jodohkanlah agar cepat bertelur dan  menjadi anak. Proses penjodohan harus dilakukan secara tepat, contoh penjodohan antara lain adalah dengan meletakkan kenari indukan jantan dan betina pada sangkar khusus penjodohan, dengan memberi sekat hingga beberapa hari lamanya. hal ini dilakukan dengan tujuan agar keduanya saling mengenal dan terbiasa, bila sudah waktunya untuk berkumpul atau bersama maka mereka tidak lagi bertengkar saat dijadikan satu. 

Contoh lain penjodohan yaitu dengan tanpa memberi sekat pada sangkar, dan langsung mempersatukannya dalam satu sangkar. Namun hal ini perlu diperhatikan karena sangat beresiko dan menjadikan burung rentan bertengkar jika tidak cocok karena belum adanya masa perkenalan. Tapi apabila indukan sudah benar­-benar siap untuk dikawini maka mungkin kebanyakan akan kecil terjadi pertengkaran. (Dalam masa penjodohan usahakan pada sangkar sudah ada tempat untuk bertelur). Siapkan juga multivitamin tambahan seperti telur dll dan usahakan jangan sampai kenari kekurangan vitamin jika masa penjodohan sampai penetasan telur agar anakan kenari tumbuh sehat dan menjadi bagus nantinya.

9. Pengeraman
Pada proses pengeraman ini sangat perlu anda waspadai dan harus anda perhatikan karena pada proses inilah keberhasilan dalam pembudidayaan burung kenari diketahui sebab pada proses inilah yang kebanyakan dianggap sulit oleh para peternak burung kenari. Pada proses ini biasanya membutuhkan waktu 12 hari hingga 14 hari lamanya, tergantung juga dengan kondisi cuaca dan suhu udara. Biasanya para peternak menambahkan lampu 5 watt sebagai salah satu alat yang membantu dalam menghangatkan kondisi dalam sangkar. Apabila sudah lebih dari 12 hari kemudian telur akan menetas satu per satu, dan biasanya semua telur menetas berselangan 1 hari. Lakukan pemisahan pada kenari jantan yang memiliki sifat nakal dan rakus, dan jika kenari tidak bersifat demikian maka biarkanlah, namun kebanyakan dipisah.

Demikian sedikit informasi yang dapat disampaikan mengenai Cara Berternak Burung Kenari, Semoga bermanfaat dan berhasil. Mishba7 Blog



Baca juga :

0 Response to "Cara Ternak Burung Kenari Untuk Bisnis Kenari"

Post a Comment

Mari berkomentar dengan baik dan beretika. Juga pastikan komentar yang dikirim tidak spam, tidak menyertakan link (hidup/mati) agar komentar Anda lolos moderasi kami. Terima kasih